Warga RW 10 Gang Kelor Peduli Sekaligus Berbagi ke Sesama Lewat Donasi Lauk dan Sayur

Peduli Pandemi Covid-19

0 46

Heibogor.com – Warga RW 10 Gang Kelor, Kelurahan Menteng, Kota Bogor, membuat aksi solidaritas dengan nama Gerakan Donasi Lauk dan Sayur. Disini, warga RW 10 Gang Kelor menyumbang berbagai macam lauk, sayuran dan kebutuhan pokok lainnya. Setiap warga yang membutuhkan bisa mengambil tiga jenis pangan secara gratis, salah satu jenis yang wajib diambil adalah sayuran.

Ketua RW 10 Gang Kelor, Agus Rukun Santoso menjelaskan, bahwa Gerakan Donasi Lauk dan Sayur ini, merupakan inisiasi dari perangkat RW 10, Kelurahan Menteng. Jadi, warga yang punya rezeki lebih mendonasikan untuk membantu warga yang membutuhkan. Ada yang memberi donasi sayur, ada yang donasi lauk, ada juga yang berupa uang untuk selanjutnya dibelikan lauk pauk.

“Kegiatan ini, sudah berjalan sejak Maret 2020. Sebelumnya waktu bulan puasa kemarin menjelang lebaran ini kita gelar setiap hari. Sekarang seminggu sekali setiap Sabtu,” jelasnya, Sabtu (13/6/20).

 

 

 

 

 

 

Ia melanjutkan, uang yang terkumpul dari donatur itu biasanya mencapai Rp 1,2 sd 1,5 juta. Kemudian dibelanjakan lauk dan sayuran seperti Sawi, Caisin, Kangkung, Bayam, Wortel, Labu, Taoge, Sayur sop, Sayur asem, Sambelen, Telor, Tahu, Tempe dan masih banyak lagi. Kurang lebih paket yang disiapkan sebanyak 200 bungkus. Selain lauk dan sayur mayur, pihaknya juga menerima sumbangan minyak jalantah. Maksudnya dari pada minyak jalantah itu dibuang mencemari lingkungan lebih baik disumbangkan.

Agus mengatakan, siapa pun yang melintas dan mau mengambil boleh. Selama masih tersedia silahkan ambil. Tehnisnya cukup datang ke sini, mengantre dengan menjaga jarak dan memakai masker. Satu orang cuma boleh mengambil 3 produk atau 3 bungkus lauk dan sayuran.

“Kalau kita sih mengundang warga di masing-masing RT mulai dari RT 01 sampai 04. Warga diluar itu pun boleh. Disini kita juga siapkan minuman jamu jahe merah kelor dan empon empon yang kita buat sendiri. Ini kita kasi untuk warga agar imun tubuhnya terjaga,” katanya.

Aksi solidaritas ini, sambung Agus, dilakukan warga RW 10 Gang Kelor untuk membantu warga yang membutuhkan di tengah pandemi Covid-19. Ia pun mengimbau kepada warga agar ikuti acuan protokol kesehatan sesuai petunjuk pemerintah yakni gunakan masker, jaga jarak dan cuci tangan.

“Alhamdulillah kami bersyukur karena di masa pandemi ini banyak warga yang menunjukan solidaritasnya. Selama bantuan dari donatur masih mengalir kita akan lanjut. Kami siap menyalurkan bantuan dari donatur. Semua bantuan akan kami wujudkan dalam bentuk lauk dan sayuran. Semoga solidaritas ini, bisa menjadi contoh dan inspirasi bagi wilayah lain,” harapnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.