Tim Gugus Sebut Angka Sembuh Pasien Positif Covid-19 Masih Rendah

0 35

Heibogor.com – Pasien positif di Kabupaten Bogor kembali bertambah 8 orang per Rabu (10/6/20) malam. Bila di total terdapat 190 pasien positif aktif dari total 262 kasus. Dari jumlah tersebut hingga kini tercatat hanya 55 pasien yang dinyatakan sembuh.

Bila diperhatikan angka pasien sembuh di Kabupaten Bogor hanya sekitar seperempat dari total pasien positif aktif. Bila dibandingkan dengan data Kota Bogor hingga Rabu (10/6/20) pasien sembuh mencapai 61 orang dari total 135 kasus, data menunjukan pasien sembuh setengah dari jumlah kasus.

Menanggapi soal pasien sembuh yang masih seperempat dari total kasus, Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bogor, Syarifah Sofiah mengatakan dalam menentukan pasien sembuh tidak sembarangan, lantaran harus melewati beberapa protap.

“Karena ada protap untuk pasien dapat dinyatakan sembuh, mereka harus 2x swab tes dalam kurun waktu dua kali masa inkubasi sebelum dinyatakan sembuh,” kata Syarifah, Rabu (10/6/20) kemarin.

Hal itu, lanjutnya, tentu menjadi alasan mengapa pasien positif membutuhkan waktu yang lama untuk dapat dinyatakan sembuh. Sehingga angka pasien sembuh di Kabupaten Bogor masih seperempat dari pasien positif aktif.

“Jadi misalnya swab positif, itu belum dinyatakan sembuh. periode 2, swab lagi hasilnya negatif nah baru dinyatakan sembuh. Tapi ada juga yang pertama negatif belum dapat dinyatakan sembuh, di periode ke 2 di swab positif maka belum bisa dinyatakan sembuh. Nanti akan di swab lagi seterusnya,” jelas Syarifah.

Maka dari itu, guna menentukan pasien benar-benar dinyatakan sembuh harus melewati berbagai protap yang akurat. Dikhawatirkan bila tidak mengikuti protap, pasien yang belum benar-benar dinyatakan sembuh namun sudah dinyatakan sembuh maka tergolong Orang Tanpa Gejala (OTG) dan berkeliaran kembali menular virus.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.