Bupati Tegaskan Jangan Ada Warga yang Tolak Jenazah Korban Virus Covid-19

0 100

Heibogor.com – Bupati Bogor, Ade Yasin menegaskan masyarakat Kabupaten Bogor untuk tidak menolak pemakaman terhadap jenazah korban Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 lantaran menurutnya masih ada kesalahpahaman dari masyarakat terkait hal itu.

“Jangan ditolak. Ketika meninggal itu sudah rapih di bungkus dengan prosedur yang sesuai kesehatan dan tidak akan menular terhadap sekitar. Jadi tak ada alasan untuk menolak,” kata Ade Yasin, Sabtu (4/4/20) saat sosialisasi RW Siaga di Pos Polisi Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor.

Di samping itu, Ade mengingatkan pentingnya rasa kemanusiaan terhadap sesama untuk bertoleransi dan tak adanya stigma negatif terhadap jenazah Covid-19 maupun yang terkonfirmasi positif.

“Bayangkan keluarga kita yang tertimpa diperlakukan demikian oleh orang lain? minimal ada rasa bahwa sesama manusia bertolerasi ketika ada yang meninggal tidak ada penolakan,” jelasnya.

Hingga kini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor tengah berupaya untuk menekan penyenaran Covid-19. Ia mengaku membutuhkan dukungan dari masyarakat termasuk agar dapat mentoleransi pasien positif hingga jenazah Covid-19. “Kalau tidak ada kerja sama dari masyarakat ini akan sulit,” tegasnya.

Meski begitu, Ade mengaku hingga kini belum ada tempat pemakaman umum khusus untuk jenazah Covid-19 di Kabupaten Bogor. Ia beralasan nantinya malah akan meyakinkan masyarakat akan terjadi kesalahpahaman.

“Kalau meninggal boleh dimakamkan di mana saja karena yang meninggal tidak (virus) menyebar melalui udara,” jelasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.