Wisma di Kemang Jadi RS Darurat Pasien Covid-19

0 116

Heibogor.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor berencana membuka rumah sakit (RS) darurat untuk pasien Orang dalam Pantauan (ODP) dan Pasien dalam Pengawasan (PDP) Corona Virus Disease (Covid-19) di wilayah Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor.

“Saya sudah lihat kondisinya kami sudah komunikasikan Kemendagri kebetulan di Kemang ini ada wisma dalam negeri yang cukup representatif dan kamarnya lumayan banyak itu akan kita jadikan RS darurat ketika banyak pasien yang masuk,” kata Ade, Kamis (26/3/20).

Hal ini diputuskan menyusul penuhnya setiap ruangan di setiap RSUD yang ada sekaligus menyikapi semakin bartambahnya pasien Covid-19. “Kita kesulitan menampungnya di mana ketika ada lagi yang masuk (pasien) sehingga Wisma Mendagri kami tentukan sebagai lokasi rumah singgah atau karantina bagi ODP dan PDP,” jelasnya.

Ade menilai Gedung BPSDM Kementerian Dalam Negeri itu kondisinya sangat layak. Terdapat 44 kamar dengan 168 kasur dengan lokasi jauh dari pemukiman warga.

Meski secara ruangan sudah siap digunakan, Ade mengaku masih kekurangan tenaga medis untuk mengisi RS darurat itu. “Karena tenaga medis di masing-masing RS sudah sibuk. Jadi kita open requitment dari tenaga medis dan relawan yang biasa bekerja untuk tenaga di sini,” bebernya.

Ade menyebut membutuhkan sekitar 1 atau 2 dokter untuk controller serta 10-15 perawat untuk 44 kamar yang tersedia.

Dalam waktu dekat, Politisi PPP mengatakan paling tidak bila sudah mendapat tenaga medis dan alat kesehatan lainnya. Minggu depan RS Darurat tersebut sudah dapat digunakan.

“Kita ingin warga Bogor juga merasa terjamin dengan keperdulian ini karena kita tak ingin terus mengandalkan daerah lain,” tandasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.