Datangi BIG Wishnutama Genjot Ripandu, Minta Keselamatan Wisatawan Terjamin

0 123

Heibogor.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Wishnutama mengunjungi kantor Badan Informasi Geospasial (BIG) di Jalan Raya Jakarta-Bogor, Cibinong, Kabupaten Bogor pada Kamis (20/2/20) siang.

Kedatangannya ke kantor BIG bukan tanpa alasan. Ia ingin mengembangkan skema pembangunan pariwisata Rencana Induk Pariwisata Nasional Terpadu (Ripandu) di Indonesia. Guna mendapatkan gambaran yang jelas dari segi potensi dan dampak, Wishnutama mengajak BIG untuk bekerjasama dengan pihaknya.

“Pentingnya BIG dalam perencanaan pariwisata ke depan. Menurut saya sangat strategis sehingga pembangunan pariwisata kedepan betul-betul dapat terancang dengan detail dengan potensi dan kemungkinannya,” kata Wishnutama kepada wartawan.

Menurutnya, membangun sistem pariwisata terpadu harus secara komprehensif, tidak bisa parsial. Lantaran, mulai dari perencanaan hingga eksistensi objek wisata, punya berbagai potensi positif hingga dampak bencana. Sehingga perlu ada pemetaan dan informasi lahan terlebih dahulu agar lebih diketahui berbagai kemungkinan potensi positif hingga negatifnya.

“BIG jadi bagian penting program pariwisata, yang harus terancang dengan detail potensi-potensinya, semua kemungkinan konektivitasnya, sampai dengan potensi kebencanaannya. Apalagi mengingat Indonesia termasuk yang tinggi juga kerawanan bencananya. Kami ingin dapat gambaran jelas itu untuk membangun Ripandu,” paparnya.

Sehingga dengan peta data BIG, diharapkan objek-objek wisata yang memiliki potensi bencana dapat diantisipasi. Karena, menurutnya aspek keselamatan dan keamanan wisatawan sangat perlu diperhatikan. Karena menurutnya, hal itu dapat memajukan pembangunan bidang pariwisata agar bisa lebih dikembangkan.

“Pembangunan inikan harus komprehensif tak bisa parsial membangun hanya yang cantiknya saja, tapi segala macam potensi yang negatifnya harus kita persiapkan termasuk yang sedang kita bangun keselamatan dan keamanan karena itu penting menciptakan rasa nyaman memastikan wisatawan bisa selamat,” bebernya.

Sementara itu, Kepala BIG Cibinong, Hasanuddin Abidin menjelaskan pihaknya sudah menindaklanjuti kedatangan Menparkraf ini, pihaknya siap membuat beberapa program hingga peta pembangunan kepariwisataan di Indonesia. Bilamana terdapat permintaan dari pemerintah pusat. BIG sudah memiliki banyak peta yang dibutuhkan untuk pengembangan pariwisata, seperti peta konektivitas untuk menyambungkan setiap potensi wisata dengan wilayah satu dan lainnya.

“Kalau Pak Menteri meminta dibuatkan peta konektivitas, kami siap buatkan. Jadi misalnya saat wisatawan mau ke Jakarta, Bali ataupun Labuan Bajo, itu bisa kita buatkan petanya supaya jelas,” pungkasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.