Desa Cileuksa Mulai Kekurangan Logistik dan Air Bersih

0 25

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Heibogor.com – Desa Cileuksa, Kabupaten Bogor tergolong salah satu desa terisolir akibat bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi pada Rabu (1/1/20) lalu. Akibatnya, beberapa jalan akses utama tertimbun materil longsor dan baru dapat dilalui kendaraan baik roda dua maupun roda empat pada Selasa (14/1/20) kemarin.

Ketua RW 01 Desa Cileuksa, Amud, mengatakan hingga kini sebanyak 248 warga masih mengungsi di depan Kantor Desa Cileuksa. Para pengungsi merupakan warga sekitar yang rumahnya tertimbun longsor.

Amud juga mengatakan bantuan-bantuan yang dikirim ke desanya sudahlah cukup hanya saja dirinya mengaku persedian logistik dan bahan bakar genset sudah mulai menipis. “Sudah mulai kurang, kalau listrik pakai genset kekurangan di bahan bakar. Akan tetap pakai lilin bila tidak ada bahan bakarnya,” ujarnya kepada heibogor.com, Rabu (22/1/20).

Tak hanya itu, Desa Cileuksa dalam hal Mandi, Cuci, Kakus (MCK) juga mulai kekurangan air bersih meski bangunannya sudah ada. “Bangunan udah ada cuma sumber air bersih kurang. Sebenarnya warga bisa ambil di kolam untuk air bersih tapi sekarang jadi keruh,” tambahnya.

Selain itu, berdasarkan pantauan heibogor.com di SDN 01 Cileuksa proses belajar mengajar sudah berlangsung sejak tiga hari lalu hanya saja masih ada sebagian warga yang mengungsi di sekolah tersebut bahkan di bagian samping sekolah tersebut dijadikan sebagai dapur umum untuk warga.

Sebelumnya, Ketua Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Yani Hassan mengatakan bahwa akses utama dari Desa Pasir Madang menuju Desa Cileuksa sudah dapat dilalui kendaraan baik roda empat maupun roda dua.

“Dari Desa Pasirmadang ke arah Desa Cileuksa dijalan utama yang semula ada 19 titik sudah terbuka menuju Desa Cileuksa bisa dilalui roda empat maupun roda dua,” ujar Yani Hassan kepada wartawan di kantor BPBD, Selasa (14/1/20) lalu.

Namun, lanjutnya, jalan dari Kantor Desa Cileuksa menuju Kampung-kampung di Desa Cileuksa masih dikerjakan secara gotong royong diantaranya adalah proses pembangunan jembatan yang dibuat dengan kayu. Diketahui ketiga kampung yang ada di Desa Cileuksa adalah Kampung Ciear, Cijairin dan Ciparengpeng.

Tinggalkan Balasan