Situs Sejarah Prasasti Batutulis Segera Direvitalitasi

0 33

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Heibogor.com – Di tahun 2020 ini, Pemkot Bogor berencana melakukan sejumlah pemugaran terhadap situs-situs sejarah yang ada. Salah satunya Prasasti Batutulis yang berlokasi di Kelurahan Batutulis Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto mengaku telah menganggarkan rencana itu pada ABPD 2020. Kegiatan akan diawali dengan pembuatan Detail Engineering Design (DED) yang akan melibatkan sejarawan maupun budayawan. Sehingga lokasi prasasti itu memiliki nilai filosofi yang luar biasa.

“Kita memang ingin agar situs-situs yang ada mulai diperhatikan. Kita ingin agar situs yang sudah ada menggambarkan betapa dahsyatnya sejarah Kota Bogor. Makanya perlu penataan secara keseluruhan,” ujarnya kepada wartawan usai meninjau lokasi prasasti Batutulis, bersama jajaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Rabu (15/1/20).

Bima menilai lokasi situs di Batutulis terlalu sempit dan masih kurang menarik. Sebab dalam sebulan rata-rata pengunjungnya berkisar antara 100 hingga 200 orang. Karenanya dia juga berencana untuk membebaskan lahan-lahan yang ada di lokasi sekitar situs termasuk SDN Batutulis 2. Namun itu semua tergantung hasil desain yang dibuat nanti.

“Tergantung desainnya. Nanti Pak camat mulai komunikasi dengan warga ada rencana kita seperti itu. Kalau warga memungkinkan untuk dibebaskan alhamdulilah, tapi kalau keberatan mungkin sekolah lebih memungkinkan untuk digeser atau di relokasi. Nanti akan di koordinasikan dengan Disdik, karena Plt Kadisbudpar mantan Disdik jadi bisa berkomunikasi untuk sekolah ini nyambung,” terang Bima.

Jika rencana itu dapat terealisasi, kata Bima, bukan tidak mungkin Pemkot akan membangun kawasan wisata yang lebih besar di Batutulis. Salah satunya museum. “Jadi kalau sekolah bisa direlokasi, ini kemudian kita bangun untuk museum yang lebih besar, museum Pajajaran yang mungkin bisa di sini. Saya ingin kita fokus ke sini, karena yang namanya Bogor Heritage ya di sini,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan