Jabar Siap Bantu Cari Huntara untuk Pengungsi Bencana

0 100

Heibogor.com – Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum siap membantu Pemkab Bogor terkait anggaran tambahan penanganan bencana di Bumi Tegar Beriman. Hal itu disampaikannya setelah menengok para pengungsi di Desa Pasir Madang, Sukajaya Kabupaten Bogor.

Sebelumnya, Pemprov Jabar telah mencairkan sebesar Rp1,5 miliar untuk Kabupaten Bogor. Dirinya pun siap bantu kembali apabila anggaran tersebut diperlukan lagi untuk penanggulangan bencana meski sebelumnya telah di sisipkan dalam alokasi Belanja Tak Terduga (BTT) APBD 2020 Pemprov Jabar. “Kalau anggaran kita sudah sisipkan di BTT, itu yang akan dipakai. 1,5 Miliar, kalau perlu kita bantu lagi, asalkan Bupati yang minta,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (15/1/20). Meski dirinya mengaku tak tahu jelas berapa jumlah pasti dalam BTT tersebut.

Ke depannya, Uu akan segera bantu dalam mencarikan rumah sewaan sementara bagi para pengungsi. Karena baginya yang terpenting saat ini adalah tempat tinggal yang layak dihuni bagi para pengungsi. “Apa yang disampaikan ibu Bupati dan masyarakat secepatnya akan ditepati oleh Pemprov dengan pihak Kementerian. Saya datang untuk melihat langsung apa yang diperlukan oleh warga Kabupaten Bogor. Tahapannya yang pertama adalah mencari dahulu rumah untuk disewa setelah itu kita akan merelokasi,” jelasnya.

Diwaktu yang sama, Bupati Bogor, Ade Yasin secara gamblang tak meminta nominal jumlah anggaran bantuan yang detail terkait penanganan bencana. “Kita sebenarnya tak minta nilai (nominal ,red) tapi apa yang bisa dibantu oleh pemprov,” ujarnya.

Serupa dengan pak wakil gubernur, dirinya menilai bahwa yang terpenting saat ini adalah ketersediaan hunian sementara yang layak bagi para pengungsi lantaran dirinya tak tega para pengungsi terus menerus tinggal di tenda dalam 14 hari belakangan, dirinya turut meminta bantuan kepada Pemprov Jabar. “Paling urgent ini adalah masyarakat yang mengungsi di tenda. Minimal, ada hunian sementara dahulu sambil mempersiapkan untuk relokasi, saya harap Pemprov Jabar membantu,” kata Ade.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.