Tanggap Darurat Bencana Fokus Jalur Kendaraan dan Lahan Huntara

0 48

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Heibogor.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin setelah rapat koordinasi validasi data kebencanaan kecamatan terdampak menegaskan bahwa tanggap darurat bencana diperpanjang hingga 14 hari ke depan terhitung sejak Rabu (15/1/20). Hal tersebut dilakukan agar akses yang belum terjangkau seperti di Desa Cisarua dan Desa Cileuksa dapat dilalui kembali oleh kendaraan.

Selain fokus pada pembukaan akses dan infrastuktur dua minggu ke depan akan dimanfaatkan guna menetapkan lokasi lahan hunian sementara (huntara) atau relokasi.

“Yang jelas 14 hari kerja itu mudah-mudahan data sudah valid dan lokasi sudah pasti untuk huntara,” terangnya. Ia juga menambahkan, pihak BPBD akan segera menindaklanjuti kebutuhan dan rencana lokasi untuk huntara.

Di waktu yang sama, Kepala BPBD Kabupaten Bogor, Yani Hassan mengklaim akan melengkapi kebutuhan untuk pemenuhan sementara masyarakat yang terdampak bencana di tenda-tenda pengungsian.

“Untuk meningkat ke huntara tidak melulu membangun bangunan baru. Mereka bisa tinggal di saudaranya atau misalnya di tempat pengajian di sewa untuk beberapa keluarga. Sambil itu meningkat kepada hunian tetap (huntap),” ucap Yani Hassan kepada wartawan, Rabu (15/1/20).

Tinggalkan Balasan