Makan Gak Makan Asal Kumpul, Ribuan Korban Bencana Alam Pilih Tinggal Bareng Kerabat Dibanding Tenda Pengungsi

0 79

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Heibogor.com – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Yani Hasan mengatakan bahwa banyak para pengungsi di tempat pengungsian yang disediakan pemerintah justru lebih memilih untuk tinggal di kediaman saudaranya masing-masing.

“Sebagian yang ada di tenda pengungsi itu memilih untuk tinggal di tempat saudaranya. Jadi dari 20.844 orang sehingga hari ini berkurang menjadi 19.246 orang,” jelas Yani Hassan kepada wartawan, Selasa. (14/1/20).

Yani yang juga Sekretaris Tim Tanggap Darurat Bencana Daerah Kabupaten Bogor ini pun mengatakan total pengungsi berkurang sebanyak 1.618 orang yang artinya ada 1.618 pengungsi memilih tinggal bersama sanak keluarganya, dari total 20.844 pengungsi pada Senin(13/1/20) menjadi 19.246 orang pada Selasa (14/1/20).

Dia menuturkan, terdiri dari Kecamatan Cigudeg sebanyak 1.212 orang tersebar di beberapa tempat namun yang paling banyak berada di Desa Sukaraksa, di Kecamatan Sukajaya sebanyak 12.724 orang, untuk di Kecamatan Nanggung terdapat 5.310 orang.

Sementara itu diwaktu yang sama, dirinya mengungkapkan bahwa pendistribusian logistik masih di prioritaskan kepada desa yang masih terisolir menggunakan helikopter yaitu Kampung Ciparengpeng, Kampung Cibarani dan Desa Cisarua, Desa Cileuksa. “Kami fokuskan ke sana menggunakan heli 4 kali surty,” tambahnya.

Selebihnya ia menambahkan bahwa bantuan juga berupa pendistribusian 2 torn penampungan air ke dua desa yaitu Desa Pasirmadang dan Desa Cisarua.

Tinggalkan Balasan