Kisah Jumadi, Tukang Cukur Langganan Jokowi yang Hobi Model Klasik

0 24

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Heibogor.com – Adalah Jumadi (30) barberman langganan Presiden RI Joko Widodo atau yang akrab dipanggil Jokowi, ikut serta di acara amal peduli banjir dan longsor Bogor, yang digelar di teras Balaikota Bogor, Rabu (8/1/20). Kali ini, rambut yang ia cukur adalah Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto.

Menjadi pemangkas rambut tokoh publik tentunya menjadi kebanggaan dan pengalaman yang tak akan terlupakan bagi Jumadi, sebab tak banyak orang mempunyai kesempatan seperti ini. Apalagi ia menjadi barberman langganan Jokowi.

Ia mengatakan, baru Selasa malam ia mencukur rambut Jokowi di Istana Bogor. Kepada Jokowi, pria asal Indramayu yang kini tinggal di Cimahpar ini menyampaikan bahwa dirinya akan mencukur rambut  Wali Kota Bogor di acara amal untuk menggalang dana bagi korban banjir dan longsor Bogor.

“Setelah Pak Jokowi meninjau lokasi longsor di Banten dan kembali ke Bogor, saya dikontak untuk datang ke Istana Bogor untuk mencukur bapak. Saat saya mencukur presiden tadi malam saya sampaikan juga bahwa ada kegiatan di balai kota. Katanya bapak mendukung dan ia mendoakan lancar acaranya,” katanya.

Ia menceritakan, sebelum menekuni usaha barber ia memulainya dari salon di tahun 2005. Dari bekerja kepada orang lain hingga membuka usaha sendiri pada tahun 2018 di Jalan Sancang, samping Bakso Pakde Jangkung dengan nama shop The Paragina.

Awal Jokowi merasakan jasa cukurnya itu di tahun 2017. Saat itu, Presiden Joko Widodo mencukur rambutnya di sebuah barber shop di Jalan Salak, Babakan, Kota Bogor, ditemani anak bungsunya, Kaesang Pangarep.

“Ya, saya kaget. Gak kepikiran. Bener apa enggak ini. Yang pasti waktu mencukur itu perasaan jadi grogi, takut, ada senengnya juga. Tapi untungnya ada mas Kaesang yang bikin vlog dan minta saya tenang, santai dan tidak grogi,” ungkapnya.

Dari situ, hingga sekarang dirinya dipercaya menjadi barberman Jokowi termasuk anak dan cucunya bila ada di Kota Bogor. Selain itu, ada juga beberapa pejabat lainnya yang pernah ia cukur seperti Danrem Kota Bogor, Dirut PLN, dari partai dan masih banyak lagi.

“Untuk Pak Jokowi, biasanya yang kontak ke saya ajudannya untuk datang ke Istana Bogor sebulan sekali atau dua kali. Kadang nyukur keluarganya juga,” beber Jumadi yang enggan menyebutkan berapa tips yang diberikan Jokowi kepadanya.

Untuk memotong rambut Jokowi, Jumadi menghabiskan waktu selama 20 menit. Model potongan rambutnya pun tidak macam-macam yaitu model klasik dan Pak Jokowi menyukai model itu. “Karena sudah terbiasa jadi tidak takut lagi. Tapi kalau grogi kadang masih karena ada pengawalnya yang liatin,” imbuhnya sambil tertawa.

Dalam acara yang bertajuk “cukur rambut bayar seikhlasnya” yang digelar oleh Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Korda Bogor Raya bekerjasama dengan Bogor Barberhood, Aksi Cepat Tanggap (ACT) ini, menghadirkan 20 orang barberman untuk memotong rambut sejumlah pejabat di Pemerintah Kota Bogor. Dalam waktu tiga jam, aksi ini, berhasil mengumpulkan dana Rp14.220.000.

Dana yang terkumpul dari hasil penggalangan dana “cukur rambut bayar seikhlasnya” ini, akan disalurkan kepada warga yang menjadi korban longsor dan banjir di Kota dan Kabupaten Bogor melalui relawan ACT.

Tinggalkan Balasan