Bruk! Atap SDN Cirimekar 02 Ambruk Diguyur Hujan Deras

0 84

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Heibogor.com – Curah hujan yang tinggi Rabu(1/1/2020) kemarin tak hanya menyebabkan banjir dan longsor, namun menyebabkan atap SDN Cirimekar 02, Jalan Kaporlap, Cibinong, Kabupaten Bogor ambruk.

Sebanyak tiga ruang kelas dan satu ruang guru yang ambruk tersebut kemungkinan tak dapat digunakan untuk kegiatan belajar mengajar Senin (6/1/20) nanti. Kejadian itu, terjadi sekitar pukul 04.30 WIB, Rabu (1/1/20) pagi, akibatkan intensitas curah hujan yang tinggi.

“Disebabkan karena adanya pecahan genting yang jatuh pada bagian atap bangunan, sehingga air langsung menimpa plafon,” kata Kepala Seksi Sarpras dan Kelembagaan SD Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Deddy Syarifudin di lokasi.

Curah hujan yang terus menerus menyebabkan plafon atap ruangan tak mampu menahan beban. Sehingga, atap ruangan tersebut ambrol. “Ini murni musibah, karena dari pengecekan material kontruksi fisik bangunan pada bagian rangka masih dalam keadaan baik,” ujar Deddy.

Akibatnya, sekolah mengalami kerugian yang cukup besar. Berdasarkan taksiran, Dedy memperkirakan, SD Negeri Cirimekar 02 menelan kerugian hingga Rp 700 sampai Rp 800 juta.

Sementara itu Kepala Bidang Sekolah Dasar Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor, Nurjanah menjelaskan, Disdik akan segera mengambil tindakan. Dalam waktu dekat, penanganan fisik untuk sekolah tersebut akan segera dilakukan. “Kegiatan penanganan SDN Cirimekar 02, kebetulan telah masuk dalam program anggaran tahun 2020,” kata Nurjanah.

Nurjanah menambahkan, beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Sebab, pada saat kejadian, sekolah masih waktu libur. “Namun, untuk kegiatan belajar mengajar dari sembilan rombel nanti, dilaksanakan pada satu unit dengan tiga ruang kelas tersisa, secara bergantian selama tiga sift,” ungkap Nurjanah

Tinggalkan Balasan