Pameran Perupa Perempuan Harmonisasi Cinta dan Kekuatan Wanita

0 353

Heibogor.com – Sedikitnya 15 perupa perempuan Bogor menggelar pameran di Rumah Dinas Wali Kota Bogor Jalam Padjadjaran No.42 Bogor Tengah. Pameran bertajuk “I’m in Love” ini, akan berlangsung selama 10 hari dari tanggal 21-30 desember 2019 mulai pukul 10.00 – 18.00 WIB.

Ke-15 perupa perempuan Bogor yang berpameran ini yakni Annisa Pradita, Dara Sinta, Diana Dee Mohy, Erna Winarsih Wiyono, Fransisca Christianti S, Ida Kurniati, Ika W Burhan, Lia Laveena Amriani, Magdhalena Nathalia, Maya Augustina, S.Pd, Nila Kusumawardina, Rotua Magdalena, Siti Leicha Firgiani, Widya Naftali, dan Yane Ardian.

Ketua penyelenggara, Fransisca Christianti Setiana mengatakan, pameran ini dilatarbelakangi dari hal yang dekat dengan seniman, ‘cinta’. Di mana cinta dipandang dari berbagai sudut, yang inheren dengan kedalaman perasaan perempuan akan perspektif kehidupannya. Dengan latar belakang kehidupannya, menggariskan perspektif kekhasannya akan cinta dan menjadikan kekuatan sendiri bagi para perupa.

“Terwujudnya pameran merupakan sebuah rangkaian proses kerja bersama dalam sebuah harmonisasi. Oleh karenanya, dalam kesempatan ini saya ucapkan terima kasih bagi semua pihak yang telah berpartisipasi dan bekerja sama dalam mewujudkan pameran ini,” ucap Fransisca disela aara pembukaan pada Sabtu (21/12/19).

Sementara, Wali Kota Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto mengungkapkan, seni adalah hal yang melekat dengan kehidupan manusia. Seni merupakan salah satu konstruksi dasar terbangunnya peradaban dunia. Di mana dunia dibawa untuk menjadi memiliki rasa dari hasil buah perpaduan pemikiran, perasaan dan aktivitas.

Fungsi sosial seni dalam hal ini sangat melekat dengan perkembangan pariwisata. Seni merupakan salah satu kontruksi penting sebagai elemen estetis indahnya kota. Oleh karenanya, berbagai aktivitas seni didekatkan pada masyarakat untuk membawa massa pada ranah kesadaran estetis yang berkembang dan membangun karakter masyarakat.

Kota Bogor juga memiliki keterkaitan sejarah perkembangan seni rupa Indonesia. Dalam jejak sejarah seni rupa, dapat dilihat bahwa Raden Saleh sebagai salah satu maestro, hidup dan berkarya di Bogor. Selain itu, seniman lainnya adalah Maryati Affandi dan Omar Basalamah.

Dalam perkembangan terkini, lebih banyak lagi seniman muda yang terus bermunculan. Tak terlepas juga pada seniman perempuan yang terus bertambah jumlahnya dalam dunia seni rupa di Bogor, yang juga menjadi bagian dari dunia seni rupa Indonesia. Bertambahnya perupa perempuan dalam beberapa pameran di Kota Bogor menjadi jelas bahwa mereka patut didukung keberadaannya.

“Oleh karenanya, saya mendorong, memfasilitasi untuk aktivitas seni dan proses kreasi para seniman untuk semakin bertumbuh dan berkembang di Kota Bogor. Serta dalam kesempatan ini, Pemerintahan Kota Bogor mendukung dan memberikan ruang rupa yaitu, rumah dinas wali kota sebagai ruang berpameran bagi 15 orang perupa perempuan Bogor,” kata Bima.

Bima menambahkan, pameran “I’m In Love” hadir untuk memanjakan penikmat senirupa, baik bagi masyarakat Kota Bogor maupun masyarakat yang kebetulan sedang berlibur ke kota hujan ini. Perkembangan seni bisa sekaligus mempertemukan seni dengan penikmatnya, yaitu masyarakat.

Dalam waktu yang sama hal ini menjadi satu langkah yang sinergis antara seni dengan kelompok usaha yang terkait dengan perkembangan pariwisata Kota Bogor. Pameran ini pun merupakan bagian dari program edukasi seni secara langsung bagi masyarakat Kota Bogor, yang diperkuat dengan workshop seni bagi pengajar dan umum.

“Dengan ini, saya berharap dapat terus membawa Kota Bogor menjadi kota yang indah dengan seninya yang terus berkembang menjadi satu kekuatan dalam pembangunan kota ini. Kepada para seniman, saya ucapkan selamat dan semoga pameran ini dapat terus memacu semangat dalam proses berkreasi untuk terus ambil bagian dalam memajukan seni rupa Kota Bogor khususnya dan menjadi bagian sejarah perkembangan seni rupa Indonesia pada umumnya,” pungkasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.