Jelang Pensiun Lurah Mulyaharja Sabet Lurah Inspiratif dan Kreatif

0 350

Heibogor.com – Memasuki masa purnabhakti di bulan Januari 2020, Lurah Mulyaharja, Makmur Sofyan, mendapat kado tak terduga yakni terpilih sebagai salah satu dari tiga lurah yang mendapat penghargaan sebagai Lurah Inspiratif 2019 saat acara launching BUKA (Bedah Anggaran Untuk Kita) Kota Bogor 2020 di IPB International Convention Center, Botani Square, Jalan Pajajaran, pada Selasa (17/12/19) kemarin.

Lurah Mulyaharja dinilai inspiratif dalam hal mengawal pembangunan infrastruktur, pemberdayaan masyarakat, peningkatan ekonomi dan wisata serta memberikan pelayanan terbaik kepada warga di wilayah Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

Lurah Mulyaharja, Makmur Sofyan mengungkapkan, bahwa penghargaan yang diterima ini, juga untuk masyarakat di Kelurahan Mulyaharja. Karena berkat partisipasi dan dukungan dari masyarakatlah wilayah Mulyaharja dapat berubah dan berkembang.

Makmur menjelaskan, sepanjang dirinya mengolah wilayah di Kelurahan Mulyaharja, telah banyak kemajuan hingga penghargaan yang diraih diantaranya terdapat Kampung Agroeduwisata Organik Ciharashas, Kelurahan Mulyaharja yang mendapatkan penghargaan kampung terbaik tingkat nasional dari Menteri KLHK di program Kampung Iklim, Tropi Proklim.

Kemudian Kelurahan Mulyaharja, yang mewakili Kota Bogor berhasil meraih penghargaan sebagai penerima Pelaksana Terbaik Pemanfaatan Halaman Pekarangan (Hatinya PKK) kategori Kota di tingkat Nasional tahun 2019.

Yang membanggakan juga di wilayah Mulyaharja, ada Kampung Tematik Ciharashas yakni kampung yang mengusung tema agro eduwisata organik. Banyak ilmu dan teori yang bisa dipelajari di kampung ini. Mulai dari budidaya padi hingga mengenal mina padi, ternak sapi, dan pengenalan biogas dari kotoran ternak. Selain menyajikan edukasi agro eduwisata, kampung ini juga menyediakan berbagai pentas seni budaya. Dimulai dari gendang pencak, pembuatan permainan tradisional, hingga susur sungai.

“Meski terbilang baru dibuka, sudah banyak sekolah baik dari Kota Bogor maupun luar yang datang belajar ke kampung tersebut untuk mengikuti paket belajar bertani dan bermalam di rumah petani,” kata Makmur saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (19/12/19).

Selain Kampung agro eduwisata organik, lanjutnya, kampung tematik lainnya yaitu Kampung alpukat yang baru diresmikan beberapa bulan lalu. Hadirnya kampung alpukat ini tentunya menambah daya tarik serta kekhasan sisi selatan Kota Bogor, tepatnya di wilayah Mulyaharja.

Di samping membangun kampung tematik, masyarakat sini juga pernah berkolaborasi dengan berbagai elemen dari Kabupaten Bogor dalam menormalisasikan aliran sungai di program naturalisasi Ciliwung yang di canangkan oleh pemerintah.

“Saya berterimakasih kepada seluruh elemen dari Karang Taruna, TP PKK, LPM, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, komunitas, paguyuban, dan seluruh warga Mulyaharja, yang tidak bisa disebutkan satu-satu atas aspirasi, kreatifitas, dan dukungannya kepada Kelurahan Mulyaharja dalam membangun wilayah menjadi lebih baik dan maju. Tanpa dukungan dan peran serta dari masyarakat, segala prestasi dan penghargaaan yang telah diraih tidak akan ada,” ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, ada tiga lurah di Kota Bogor yang menyabet penghargaan sebagai Lurah Inspiratif 2019. Ketiga lurah tersebut yakni Lurah Mulyaharja, Makmur Sofyan, Lurah Sukasari, Dicky Imam Nugraha, dan Lurah Babakan Pasar, Rena Da Frina.

Dikatakan Wali Kota Bogor, Bima Arya, perubahan tidak bisa didorong oleh seorang diri, tapi harus didorong sistem dan struktur. “Apresiasi saya bagi aparatur wilayah yang telah bekerja sangat cepat. Semoga ini menjadi motivasi bagi yang lain untuk meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan terbaik bagi warga Kota Bogor,” kata Bima.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.