Indosat Ooredoo Digital Camp Diikuti Mayoritas Peserta Kebutuhan Khusus

0 139

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Heibogor.com – Program tanggung jawab perusahaan (CSR) pilar pendidikan, Indosat Ooredoo Digital Camp (IDCamp) 2019, telah melewati periode pendaftaran pada pertengahan Oktober lalu dan sebanyak 2% dari total pesertanya merupakan calon developer yang berkebutuhan khusus.

Indosat Ooredoo bersama dengan Wonder Koding yang merupakan komunitas developer tuna rungu di Kota Bogor, menggelar pelatihan tatap muka yang dikhususkan bagi calon developer expert penyandang disabilitas yang berlangsung mulai Senin-Jumat, 9-13 Desember mendatang dalam program IDCamp Bootcamp x Wonder Koding 2019 di SBL-B Dharma Wanita, Kota Bogor.

Senior Vice President Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo, Turina Farouk mengatakan, Indosat Ooredoo menggelar IDCamp 2019 sebagai program inklusif yang terbuka untuk siapa saja, termasuk para calon developer dengan disabilitas.

“Kami sadar bahwa dunia digital dan coding akan membebaskan diri dari keterbatasan fisik. Kami berharap dalam 5 hari ke depan, IDCamp Bootcamp 2019 ini akan meningkatkan kemampuan coding para anggota Wonder Koding sampai ke tingkatan expert, dan nantinya akan muncul karya-karya inovatif yang bermanfaat bagi masyarakat luas, khususnya bagi sesama rekan-rekan dengan disabilitas,” terangnya.

Sejak diluncurkan pada Agustus lalu, lanjutnya, IDCamp 2019 terselenggara berdasarkan kondisi dimana Indonesia mengalami kekurangan lebih dari 600.000 talenta digital per tahunnya, dan ada lebih dari 6 juta kesempatan kerja di bidang digital sampai dengan tahun 2025.

Indosat Ooredoo ingin mengambil bagian dalam menjawab tantangan tersebut dengan memberikan modal dasar berupa kemampuan coding bersertifikasi global, agar para generasi muda Indonesia mampu bersaing dengan talenta internasional dan bisa berkontribusi pada peningkatan ekonomi digital Indonesia.

IDCamp 2019 telah melalui tahapan pendaftaran, kelas online belajar coding tingkat pemula, sosialisasi di 20 universitas dan komunitas developer seluruh Indonesia, serta menggelar Hackdata, sebuah kompetisi gabungan dari Hackathon dan Datathon yang pertama di Indonesia.

Berikutnya, para peserta terbaik lulusan kelas online tingkat expert akan menjalani tahapan graduation di bulan Februari 2020 mendatang dan dibantu untuk mendapatkan peluang kerja melalui jaringan Indosat Ooredoo.

Turina Farouk menambahkan, para anggota Wonder Koding akan mendapatkan pendampingan secara intensif dalam mengerjakan modul Android Developer Expert.

Menurutnya, teknologi informasi dan digital saat ini, tengah berkembang pesat untuk memberikan kemudahan dalam kehidupan sehari-hari. Kebutuhan talenta digital dan kesempatan kerja dibidang ini masih sangat besar.

“Melalui program Indosat Ooredoo Digital Camp (IDCamp), Indosat Ooredoo turut berpartisipasi dengan memberikan beasiswa belajar coding kepada anak muda Indonesia, termasuk yang memiliki keterbatasan, salah satunya teman-teman di Komunitas Wonder Koding ini,” pungkasnya. (*/and)

Tinggalkan Balasan