Ortu Ogah Ambil KIA, Masih Lebih Penting Akta Kelahiran

0 175

Heibogor.com – Dari 20.000 Kartu Identitas Anak (KIA) masih ada 10.000 yang belum diambil di Kantor Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor. Hal itupun menjadi perhatian Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim saat melakukan kunjungan ke Disdukcapil belum lama ini.

“Ada 10 ribu KIA di sini yang sudah selesai dicetak tapi belum diambil oleh para orangtua. Karena itu, saya mengajak warga yang sudah mendaftarkan anaknya untuk mengambil KIA di Disdukcapil,” ujarnya singkat, Selasa (23/7/19).

Salah satu orangtua anak warga Bantarjati, Mutia saat di lokasi mengatakan KIA masih belum begitu penting dibandingkan dengan akta kelahiran anak. “Kan kalau untuk buat daftar sekolah bukan KIA yang diminta tapi akta kelahiran begitu juga untuk dokumen pendukung lainnya, disamping itu kan jarak pengambilan harus ke sini (Disdukcapil, red) lumayan jauh,” imbuhnya.

Selain KIA, masalah blanko e-KTP yang masih terbatas, Dedie menjelaskan bahwa sudah melakukan evaluasi tentang jatah dropping blanko dari pihak Kemendagri yang setiap minggu hanya 500 blanko. Permasalahan lainnya, saat ini masih ada tunggakan 6 ribu blanko untuk e-KTP yang sudah siap cetak.

“Kita mengajukan agar segera dikirim 6 ribu blanko untuk tunggakan yang belum dicetak. Kalau untuk kebutuhan rutin setiap minggu dikirim 500 blanko. Kami akan segera membuat surat ke Kemendagri agar ditambah lagi disesuaikan dengan jumlah penduduknya,” terangnya.

Sementara, Kasi Pendataan Penduduk pada Disdukcapil Kota Bogor, Dedi Andriatna Husen menambahkan, untuk penataan area gedung, akan dibangun lokasi permainan anak di bagian belakang. Untuk masalah gudang peralatan dan lainnya sudah tercatat dengan baik, mana yang dihapus atau yang masih layak dipakai.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.