Bank Kota Buka Layanan Kredit bagi ASN dan Pensiunan dengan Jaminkan SK

0 414

Heibogor.com – Selain Tabungan Berseri, Tabungan Siswa, Tabungan Tasmas, dan Tabungan Organisasi, Perumda BPR Bank Kota Bogor juga membuka layanan kredit untuk ASN, karyawan swasta, dan pensiunan dengan jaminan Surat Keputusan (SK).

Kepala Satuan Kerja Audit Internal (SKAI) BPR Bank Kota Bogor, Bambang Sulistyo menerangkan, apakah SK layak untuk dijadikan jaminan kredit? Penilaian ini, tentunya disesuaikan dengan kebijakan dan aturan yang berlaku pada masing-masing bank. Perumda BPR Bank Kota Bogor memberikan beberapa syarat untuk nasabah yang mau ‘menyekolahkan’ SK-nya.

Syarat umum yakni fotocopy KTP suami dan istri empat lembar. Fotocopy KK, fotocopy surat nikah, fotocopy karpeg, fotocopy buku rekening gaji, kwitansi potongan bank lain, slip gaji dan daftar tunjangan, pas photo suami istri ukuran 3×4 satu lembar, ATM dan buku tabungan asli, serta kartu Jamsostek asli.

“Jenis SK yang bisa digunakan sebagai jaminan yakni SK pangkat, SK berkala, ijazah, dan Taspen (asli dan fotocopy). Kredit konsumsi ini, berlaku bagi PNS, pegawai BUMD, pegawai kontrak, pegawai swasta, pensiunan, yang sumber pembayaran angsurannya dari gaji bulanan, upah, TPP, insentif, yang dibayarkan di luar Perumda BPR Bank Kota Bogor,” jelasnya.

Produk BPR Bank Kota Bogor ini, banyak dilirik masyarakat ketika membutuhkan sejumlah pinjaman dengan limit pinjaman tertentu. Selain itu, persyaratan pengajuan kredit juga mudah. “Untuk lama angsuran sangat fleksibel mulai dari 5 hingga 10 tahun dengan tingkat suku bunga yang ringan tergantung besaran angsuran yang dipilih. Namun, tingkat suku bunga dan jangka waktu dapat berubah sewaktu waktu tanpa pemberitahuan. Dan jika terdapat perbedaan jumlah angsuran, maka yang berlaku adalah yang ada pada surat perjanjian kredit,” terangnya.

Bambang menuturkan, BPR Bank Kota Bogor memperbolehkan penjaminan SK kerja dalam pengajuan kredit sebagai suatu bentuk kemudahan yang bertanggungjawab. Di mana, SK Kerja akan berfungsi sebagai agunan dalam perjanjian kredit tersebut. Peminjam akan lebih bertanggung jawab mengenai pengembalian sejumlah dana yang telah dipinjamnya dari bank, sehingga perjanjian kredit bisa berlangsung dan berakhir dengan baik.

Dengan menggunakan SK kerja akan lebih mudah dari sisi pembayaran cicilan sebab pihak bank akan langsung melakukan pemotongan sejumlah cicilan hutang kredit tersebut melalui gaji bulanan yang bersangkutan. Hal ini, dilakukan untuk mempermudah proses pembayaran dan mengurangi resiko nasabah yang nakal atau telat melakukan pembayaran.

“Penjaminan SK kerja bisa Anda manfaatkan sebagai solusi keuangan Anda. Tetap bijak saat meminjam uang dari bank sebab semua bentuk pinjaman memiliki tanggung jawab yang harus dibayarkan. Sebelum mengajukan pinjaman, ada baiknya lakukan hitungan sederhana kebutuhan bulanan dan keperluan lainnya yang harus dibayarkan per bulannya. Lakukan simulasi sebelum mengajukan kredit, agar cicilan pinjaman tersebut tidak sampai mengganggu berbagai kebutuhan hidup lainnya,” pungkas Bambang.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.