Jamin Ketersediaan Produk Perikanan, KKP Gandeng PDPPJ

0 188

Heibogor.com – Guna menjamin ketersediaan dan keterjangkauan produk perikanan menjelang bulan Ramadan dan Idul Fitri 1440 H, Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan pada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya (PDPPJ) Kota Bogor, akan menggelar pasar ikan murah.

Hal tersebut dipaparkan dalam rapat koordinasi (rakor) Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan dengan PDPPJ Kota Bogor, di ruang rapat Gurame, Gedung Mina Bahari (GMB) IV Lt 15 Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta Pusat, pada Rabu (24/04/19).

Kepala Sub Bagian Jasa Pemberdayaan Pedagang PDPPJ, Guna Gustana yang ikut dalam rakor itu mengatakan, kenaikan harga dan keterbatasan pasokan menjadi fenomena yang sering terjadi pada saat puasa dan lebaran. Maksud diadakannya pasar murah ini, untuk menjaga kestabilan harga, menjaga pasokan dan mendekatkan produk kepada konsumen.

Sedangkan tujuan dari pasar ikan murah ini sambungnya, untuk menyediakan ikan berkualitas dengan harga terjangkau, dan menyediakan ikan sebagai alternatif subsitusi asupan protein bagi masyarakat.

Mengapa harus ikan? Guna menerangkan, ikan sebagai komoditas strategi. Pertama, ikan mempunyai keunggulan dibandingkan dengan sumber protein hewani lainnya. Kedua, potensi produksi sangat besar secara ekonomi yang mana kandungan lokal sangat tinggi.

Ketiga, keragaman jenis sangat tinggi dan tersedia sepanjang tahun. Keempat, hemat energi, dan yang kelima, harganya lebih murah dari pada harga protein hewani lainnya.

Ia menambahkan, menghadapi bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1440 H, KKP mendukung upaya stabilisasi harga kebutuhan pangan pokok terutama produk perikanan. Adanya bazar ikan murah juga menjadi salah satu upaya yang dapat disinergikan dengan seluruh stakeholders lainnya yang terkait.

“Kedepan juga akan ada program lainnya yang akan di sinergiskan antara KKP dengan PDPPJ,” kata Guna.

(**)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.