Ayo Ajak Anak Jaga Kesehatan Gigi Sejak Dini

0 595

Heibogor.com – Mengajak anak rajin sikat gigi memerlukan trik khusus. Ajari dan biasakan menyikat gigi mulai sejak dini agar kelak menjadi sebuah kebiasaan sekaligus menjaga kesehatan mulut.

Berikut wawancara heibogor.com dengan Dokter Spesialis Kedokteran Gigi Anak, Drg. Christina Sri R, SpA. KGA dari Rumah Sakit Azra.

Hallo dok, sebaiknya kapan anak-anak memulai sikat gigi?

Sebaiknya mulai ditanamkan sedini mungkin. Semakin awal orangtua mengajarkannya, semakin mudah pula anak melakukannya sebagai rutinitas. Cara menjaga kebersihan mulut dan gigi salah satunya dengan menyikat gigi.

Saat bayi (sebelum gigi susu tumbuh) setelah minum ASI or susu botol bersihkan daerah rongga mulut dan lidah dengan kain kasa basah dengan 1 arah (dari belakang ke depan). Seka secara perlahan dan lembut. Lakukan ini secara rutin dan setelah selesai menyusui. Ketika nanti gigi pertama mulai tumbuh sempurna, Anda bisa mulai menyikat gigi anak Anda.

Bagaimana memilih sikat gigi yang sesuai dengan kebutuhan anak?

Pilihlah sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut, kepala yang kecil, dan pegangan yang besar. Terus dampingi proses menyikat gigi, sampai anak Anda bisa berkumur dan meludah tanpa bantuan. Biasanya ini dilakukan hingga sekitar usia lima tahun. Setelah usia tersebut, anak sudah bisa dibiarkan menyikat gigi secara mandiri.

Berapa kali idealnya anak harus sikat gigi?

Biasakan untuk menyikat gigi sebanyak dua kali sehari, pagi hari dan sebelum tidur. Luangkan waktu sekitar dua menit untuk menyikat gigi. Bila sudah dibiasakan sejak usia dini, maka semakin mudah juga untuk anak Anda menyikat gigi secara rutin.

Saat mulai menyikat gigi, apakah sudah boleh menggunakan pasta gigi?

Saat usia anak anda masih kecil dan belum bisa berkumur atau buang air ludah di sarankan tidak memakai pasta gigi, tetapi apabila anak sudah bisa berkumur atau buang air ludah, Gunakan pasta gigi sebesar biji jagung pada permukaan sikat gigi.Cara ini dilakukan untuk menghilangkan bakteri penyebab munculnya plak pada gigi yang nantinya tumbuh. Ini juga dapat meningkatkan kesehatan mulut anak Anda.

Bagaimana jika anak menolak untuk sikat gigi?

Berikan pemahaman pelan-pelan dan ajak dia mengenal pentingnya sikat gigi. Katakan bahwa tidak sikat gigi tetapi makan permen khusus gigi. Dengan mengajarkan anak menyikat gigi sejak usia dini, ada berbagai manfaat tumbuh kembang yang didapat. Dengan menyikat gigi anak, meski giginya belum tumbuh, akan membantu gusi si anak cepat turun dan giginya cepat timbul.

Mengajarkan sikat gigi sejak dini juga dapat mendidik anak melatih memasukkan benda ke dalam mulut. Jadi itu adalah latihan yang memberi manfaat yang luar biasa. Menyikat gigi juga akan berdampak pada berfungsinya sistem pendengaran dengan baik. Gerakan sikat gigi membuat rahang bawah bergerak, dengan begitu ototnya bergerak. Otot yang bergerak inilah yang akan membuat proses pendengaran jadi berfungsi dengan baik. Karena banyak saraf yang terletak di sana.

Apa yang harus dilakukan jika anak mengalami karies atau gigi berlubang?

Karies gigi disebabkan oleh bakteri. Apabila lubang tidak diatasi, lubang akan membesar dan mempengaruhi lapisan dalam gigi. Kondisi ini dapat menyebabkan sakit gigi parah, infeksi dan lepasnya gigi. Sebagai orang tua, penting untuk mengetahui apa saja faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan karies gigi pada anak.

Salah satu penyebab paling umum karies adalah kebiasaan minum susu botol pada usia bayi hingga tertidur. Gula yang terkandung pada susu dapat mengendap menjadi asam yang merusak hingga memicu gigi berlubang. Kebiasaan mengkonsumsi makanan manis tinggi gula seperti permen, coklat, es krim, minuman rasa-rasa dan lain sebagainya juga dapat menyebabkan karies gigi.

Kapan waktu yang tepat bawa anak ke dokter gigi?

Tidak perlu menunggu gigi anak berlubang atau rusak untuk ke dokter gigi. Jika gigi anak tidak ada masalah, anak harus tetap pergi ke dokter gigi. Biasanya kunjungan pertama ke dokter gigi dimulai pada usia satu tahun. Setelah kunjungan pertama dilakukan, jadwalkan kunjungan lagi setiap enam bulan.

(rhm)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.