Di Tangan Micky Bambu Disulap Jadi Kerajinan Unik dan Menarik Bernilai Jual Tinggi

0 429

Heibogor.com – Banyak yang menilai jika bambu tak memiliki daya ekonomis. Namuj tak demikian di tangan Micky Mulyadi memanfaatkan bambu untuk membuat aneka miniatur bernilai ekonomi. Kegemaranya membuat pernak-pernik dari bambu, membuat namanya dikenal banyak orang dari berbagai daerah. Di tangan Micky, bambu yang banyak ditemui di Kota dan Kabupaten Bogor itu, diolah menjadi sebuah kerajinan yang unik dan menarik.

Pria kelahiran Bandung ini, memiliki ketertarikan dengan bambu sejak 15 tahun lalu. Miniatur pertama yang ia buat adalah kapal phinisi. Hasil karyanya itu, ternyata disukai banyak orang. Malah banyak orang memesan untuk dibuatkan. Semenjak itu, Micky mulai termotivasi agar hobinya itu bisa memiliki nilai jual.

“Awalnya saya kerjakan di rumah. Karena pesanan mulai banyak, biar lebih fokus dalam bekerja saya buka saung sebagai tempat bekerja sekaligus sebagai galeri untuk memajang hasil karya-karya yang saya buat,” kata Micky saat di temui di saung MQ Art di Jalan Cifor No.53, Babakan, Bogor Barat, Selasa (9/4/19).

Jenis bambu yang digunakan kata Micky, berjenis bambu tali karena lentur dan mudah di bentuk serta jenis bambu hitam sebagai ornamen. Produk yang dibuat pun tidak diberi pewarna hanya diberi pernis agar kemurnian warna bambu tetap terjaga.

Ia menuturkan, mulai meningkatnya jumlah pesanan, membuat Micky lebih memaksimalkan hobinya. Tidak hanya aneka miniatur kapal yang bisa dibuat, pesanan lain pun mampu ia buat seperti miniatur rumah, gedung, gantungan kunci, souvenir, alat musik, sedotan, hingga lukisan 3D dari bambu.

“Karya lukis 3D yang pernah saya buat yaitu wajah Wali Kota Bogor, Bima Arya, Presiden RI Joko Widodo dan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil. Untuk harga bergantung pada tingkat kesulitan. Semakin rumit, akan semakin mahal. Biasanya, para konsumen yang memesan membawa gambar sendiri,” kata Micky.

Micky mengungkapkan, saat ini, pesanan yang paling banyak diorder adalah souvenir Tugu Kujang. Selain itu, aksesoris seperti gantungan kunci juga banyak dipesan untuk dijadikan souvenir. Untuk penjualan, karyanya tidak hanya di pasarkan di daerah Bogor saja namun juga di pasarkan ke luar daerah.

“Saya juga menerima pesanan pembuatan Gazebo. Para pelanggan yang mau memesan dapat datang langsung ke saung atau dapat memesannya secara online melalui Instagram @bambu_my_art. Di samping itu, sebagai bentuk dukungan terhadap penyelamatan lingkungan dari limbah plastik, saya membuat sedotan bambu pengganti sedotan plastik. Harganya lebih murah dari yang lainnya,” ungkapnya.

(Mikail)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.