Ivan Gunawan: Setiap Orang Punya Jiwa Bisnis, Jangan Mikirin Untungnya Dulu

0 438
Heibogor.com – Sukses di dunia hiburan Tanah Air, presenter Ivan Gunawan berbagi kiat-kiat meraih kesuksesan di dunia bisnis kepada pelaku UMKM Kota Bogor di acara bincang Shopee bertajuk “Sukses Menjadi Wirausahawan di Era Digital” pada Sabtu (26/1/2019) di Mal BTM.
Diketahui, saat ini, Igun sapaan akrab Ivan Gunawan memiliki lima usaha di bidang fashion yakni, Jajaka X Ivan Gunawan, Mandjha Hijab by Ivan Gunawan, LOVE by Ivan Gunawan, Ivan Gunawan Cosmetics, dan Minime.

Selebriti yang akrab disapa Igun itu sudah memiliki 15 cabang usaha di Indonesia ini mengatakan, bahwa setiap orang memiliki jiwa bisnis. Karena itu, ia menekankan kepada setiap orang yang ingin memulai bisnis harus mengerti dulu dengan bisnis yang akan dijalankan.

“Mau bisnis apa pun, kita harus benar-benar ngerti dengan usaha yang akan dijalankan. Terkadang mau memulai bisnis batin kita sudah takut rugi duluan. Karena itu, saran saya jangan memulai usaha dengan modal terlalu besar dulu. Apa pun yang mau dijual, tes market dulu jangan sampai konsumen gak happy. Lakukan strategi promosi dari apa yang kita rasakan dan yang terpenting juga mutu dan kualitas barang yang di jual harus konsisten,” kata Igun memberi saran.
Ia menambahkan, yang menjadi modal utama adalah pertama, kepercayaan pelanggan. Baginya, itu adalah satu prinsip yang masih ia pegang hingga saat ini. Meski ia akui masih banyak kekurangan dalam menjalani bisnis fesyen, ia harus tetap mengutamakan kepercayaan pelanggan.
Kedua, mengutamakan komunikasi dan keinginan pelanggan. Bukan hanya sekedar sembarang mematok harga gara-gara nama beken yang berujung kapoknya pelanggan membeli produknya.
Igun juga menyarankan bagi pelaku bisnis agar memanfaatkan sosial media (sosmed) di era kemajuan digital sekarang ini, sebagai media promosi dan komunikasi dengan konsumen. Menurutnya, setiap hari selalu ada peluang-peluang baru. Karena itu, gunakan sosmed untuk merangsang berbagai promosi setiap harinya.
“Semua cara harus kita gapai. Makanya tidak hanya offline tapi secara online juga saya geluti. Karena bisnis online itu, di mana saja bisa. Jangkauannya juga lebih luas. Dari situ juga kita bisa mengajak orang lain bagaimana menjadi reseller atau mitra agar mendapat penghasilan tambahan,” ujarnya.
“Saya memulai bisnis dari nol, mulai seadanya, pegawai hanya beberapa, tapi karena kita butuh, ulet, kerja keras, dan tekun, pasti akan ada hasilnya nanti dan ada jalannya. Karena semua butuh proses, tidak ada yang instan,” kata mantan kekasih penyanyi terkenal Rossa ini kepada heibogor.com.

(Andi)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.