SPIP Jadi Benteng Faktor Penyakit Eksternal

0 656

Heibogor.com – Masalah Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) diibaratkan sebagai sebuah ikhtiar supaya sehat dan tidak terkena penyakit. Semakin kuat dan sehat, maka akan semakin kuat pula benteng agar faktor eksternal tidak bisa masuk.

Oleh karena itu, selain faktor orang atau penghuninya yang harus sehat dan prima maka rumahnya pun harus sehat dan bersih. Demikian pula dengan pemerintahan, maka selain seluruh aparaturnya bersih dan sehat tentunya “rumah” (Muspida) pun harus mendukung dan layak huni.

Demikian analogi itu disampaikan Wali Kota Bogor Bima Arya saat memberikan arahan sekaligus membuka sosialisasi SPIP di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Senin (13/08/18), di Padjadjaran Resort & Convention Center, Bogor Nirwana Residence (BNR), Bogor Selatan, Kota Bogor.

“Kitanya sehat, Muspidanya sehat, Insya Allah kuat ini semuanya. Kalau kitanya sehat tapi tinggalnya di rumah yang tidak layak huni, tetap tidak akan bisa. Misal mau SPIP level sepuluh tapi lingkungan politiknya tidak benar, sama saja akan kolaps juga,” tuturnya.

Namun ia menegaskan, dengan menyampaikan hal tersebut bukan berarti ia ingin memukul semangat. Tapi ingin menggambarkan semuanya bahwa kita melakukan apa yang bisa dilakukan.

“Karena itu bagian dari ikhtiar untuk memperbaiki fisik yang tadi, hingga maksimal di lingkungan internal kita. Insya Allah yang eksternal tadi kita akan mengarah ke arah yang lebih bagus lagi. Saya yakin itu. Segala sesuatu akan menjadi lebih transparan ke depannya apalagi sekarang semua sudah bergerak ke arah non tunai,” ungkap Bima.

(Putri Aysha)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.