Kota Bogor Ikut Porda Target 45 Medali Emas dan Peringkat Ketiga

0 715

Heibogor.com – Jika berbicara mengenai faktor tunggal dibelakang seseorang itu sukses atau berprestasi, diyakini tidak ada. Maka dari asumsi itu “digempur” dari semua faktor mulai dari komitmen penganggaran, infrastruktur, reward, dan motivasi.

Seperti disampaikan Wali Kota Bogor Bima Arya di hadapan para pelatih, ketua cabang olahraga dan manajer Kontingen Porda XIII/Kota Bogor di Paseban Sri Bima, Balai Kota, Sabtu (14/07/18), bahwa dirinya juga meyakini jika ada dua komponen besar dibalik kesuksesan yaitu kompetensi dan motivasi.

“Saya termasuk yang percaya untuk lebih menitikberatkan pada komponen yang kedua, motivasi lebih besar daripada kompetensi. Terlalu banyak cerita-cerita, success story orang-orang yang secara kompetensi atau skill-nya dibawah tim atau atlet yang lain. Tetapi karena motivasinya di atas dan melampaui segalanya maka kemudian menjadi pemenangnya dan juara,” tegas Bima.

Ia juga menceritakan, bahwa dirinya mengamati konsep yang dikenalkan Prof Yohannes Surya, “Mestakung” (Semesta Mendukung. Mengutip konsep tersebut, Bima menyebutkan bahwa sejak kecil kita selalu dibiasakan dengan “Sistem Kebut Semalam.”

“Kalau diberikan tugas sudah dari dua bulan yang lalu, tapi dikerjakannya ujung-ujung juga. Mau ujian, belajarnya nggak nyicil. Hasilnya bagaimana, biasanya bagus. Karena saat itu kita all out. Kenapa, karena ketika kita mengerjakan itu targetnya harus selesai besok dikumpulkan,” kata Bima.

Kemudian lanjutnya mengutip Yohannes Surya, jika mengusung konsep Sense of Urgent bahwa semesta harus mendukung maka hari-hari akan diwarnai prestasi bukan justru sebaliknya hari-hari yang santai. Sebab, adanya Sense og Urgency.

“Jadi tugas kita bersama agar target 45 emas dan peringkat ketiga (Porda XIII/2018) itu bisa terwujud, maka sense of urgency kita harus sama. Jadi tidak hanya semangat yang tinggi dari para atlet saja, tapi kita harus membangun sense of urgency tadi. Suasana terasa darurat, malu kita kalau terlempar dari lima besar,” tandasnya.

Jadi, masih kata Bima, tugas yang utama dalam menghadapi Porda XIII/2018 nanti adalah membangun suasana Semesta Mendukung. Sementara soal penganggarannya, ia menuturkan bahwa Pemkot Bogor telah melaksanakan secara maksimal termasuk untuk reward yang telah dianggarkan di APBD Perubahan.

(Putri Aysha)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.