Cagar Budaya Mayoritas Rumah Pribadi, Alat Makan Sejarah Tersimpan di Disparbud

0 274

Heibogor.com – Berdasarkan data tahun 2015 silam, tercatat sebanyak 487 Benda Cagar Budaya (BCB) yang ada seluruh wilayah Kota Bogor. Dari jumlah tersebut, mayoritas merupakan BCB yang berupa rumah pribadi.

Seperti dikatakan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor, Shahlan Rasyidi, Jumat (25/05/18), selain rumah pribadi di antaranya yang masuk kategori BCB lainnya berupa prasasti, makam hingga artefak seperti yang pernah ditemukan beberapa tahun silam di belakang lokasi Mbah Dalem di Jalan Batutulis, Bogor Selatan, Kota Bogor.

“Untuk BCB berupa rumah-rumah pribadi ini tersebar di beberapa lokasi di Kota Bogor. Yang kita tahu seperti di Jalan Suryakancana, Jalan Achmad Yani, kawasan pemukiman Sempur dan di kawasan Taman Kencana. Itu semuanya merupakan heritage,” kata Shahlan.

Sementara peninggalan BCB lainnya, lanjut Shahlan, di antaranya Prasasti Batutulis, Makam Raden Saleh serta petilasan Mbah Dalem yang tersebar di tiga lokasi berbeda selain yang sudah banyak diketahui masyarakat di Batutulis. Yaitu di wilayah Tanah Sareal dan satu lainnya di kawasan Cibinong, Kabupaten Bogor.

“Sementara barang-barang peninggalan sejarah yang pernah ditemukan seperti alat-alat makan dan benda lainnya sekarang hanya disimpan di Kantor Disparbud, karena tidak adanya museum yang secara khusus untuk menyimpannya. Sehingga sangat disayangkan benda-benda peninggalan sejarah itu tidak bisa kita pamerkan agar diketahui publik,” paparnya.

Padahal, masih kata Shahlan, benda-benda tersebut berdasarkan hasil penelitian yang pernah dilakukan arkeolog diketahui bahkan berasal dari tahun 1.500 masehi.

“Sangat sayang memang. Itu semua padahal aset yang sangat berharga dan harus dilestarikan. Tidak saja sebagai bentuk pelestarian cagar budaya, namun juga untuk bahan edukasi dan pengetahuan kepada publik,” pungkasnya.

(Putri Aysha)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.