Bermodalkan HP dan Headset, Kost Radio Mengudara dan Berkarya

0 750

Heibogor.com – Peran media massa saat ini memang sangat penting. Media elektronik pun berlomba-lomba untuk memberikan informasi bagi para pendengarnya. Dari situlah dua mahasiswa Universitas Pakuan (Unpak) Tsar Bojes dan Gin Gin mendirikan Kost Radio.

Sejak berdiri tanggal 16 September 2017, Kost Radio mulai mengudara dengan slogan “Radionya Anak Muda Milenial.”

Tsar dan Gin Gin menuturkan, bahwa mereka ingin mengembangkan informasi yang kreatif yang dapat dinikmati pemuda dan pemudi Bogor.

Untuk menciptakan radio yang hits buat anak muda ini, keduanya sempat terinspirasi dari radio lokal dan juga salah satu senior mereka yang sudah menjalankan radio mahasiswa.

Tsar menjelaskan, nama Kost Radio ini berasal dari nama kos-kosan (tempat tinggal sewa) mereka.

“Jadi, arti dari nama Kost Radio yaitu kami ini tinggal bareng di kosan. Jadilah Kost Radio,” tuturnya kepada heibogor.com saat ditemui di Jalan Bogor Lakeside, Kota Bogor.

“Awalnya, kami terinspirasi dari senior kami yang dulunya juga mendirikan radio, namanya Bang Dika yang juga sebagai penyiar Radio Twir Squad,” imbuhnya.

Tsar mengatakan, siaran awal Kost Radio sendiri menyiarkan informasi seputar dunia kampus. Kini, Kost Radio tidak hanya menyiarkan informasi seputar kampus saja, namun mereka lebih memilih menginformasikan siaran untuk Kota Bogor yang bertemakan musik dan isu-isu anak muda.

“Awal mulanya memang liputan kampus, tapi seiring berjalannya waktu ada juga pihak-pihak yang mau diliput, seperti Fakultas Teknik dan Ekonomi, kemudian ada pula yang ingin meminta saya dan teman-teman untuk mengiklankan suatu produk. Setelah itu, kami mendapatkan link dari acara-acara di luar” jelasnya.

Gin Gin dan Tsar pun menjelaskan, keinginannya untuk mendirikan radio adalah sebagai wadah mahasiswa dan generasi muda yang ingin mengekspresikan jiwa mudanya dalam berkarya, baik itu jurnalistik maupun musik.

“Saya pun awalnya sempat main band juga dan senang dengan kegiatan jurnalistik. Maka dari itu, saya membuat Kost Radio ini buat mewadahi teman-teman saya yang ingin mengekspresikan dirinya untuk mencoba siaran di radio dan belajar tentang radio,” tukasnya.

Berbekal handphone, headset, laptop, dan mikrofon, para pengurus komunitas radio ini mampu menyiarkan programnya lewat jaringan internet.

“Dulunya kami hanya siaran pake handphone dan headset saja waktu masih ngekos di Tegallega. Sekarang baru ada mikrofon,” tutur Gin Gin.

Jika ingin mendengarkan celoteh keduanya, pendengar bisa download aplikasinya di Google Play Store pilih Listen2myradio.

Kost Radio juga sering mengundang pemuda Bogor yang memiliki hobi seni atau bermusik yang ingin berkarya sekaligus untuk mengisi acara talkshow.

(Eggy Ramadhan : Kontributor)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.