Lewat Musik, Katapel Kenalkan Sastra dan Puisi

0 724

Heibogor.com – Grup musik Katapel merupakan musisi yang menggabungkan irama musik dan lirik-lirik puisi di setiap bait lagunya. Sehingga band ini menjadi band yang beraliran musikalisasi puisi di Kota Bogor.

Band yang digawangi oleh Iqbal Tawakal (vokal), Hakim Ferdinand (flute), Doni Dartafian (biola), Khairil Anwar (djimbe), Irvan Agustin (pianika), Riza Satriana Putra (gitar), dan Ristyo Pahlawan (bass), sudah malang melintang berkecimpung untuk mengisi panggung-panggung hiburan, dari pagelaran konser tunggal hingga menjadi soundtrack panggung Teater Kemuning Gading Kota Bogor.

Iqbal yang juga sebagai pentolan grup Katapel menuturkan, bahwa ia dan kawan-kawan sudah membentuk band ini sejak tahun 2013 silam.

“Awalnya saya dan teman-teman memang suka dengan sastra dan musik, jadi saat kami nongkrong bareng, kami rundingkan untuk sepakat bikin band dengan aliran musikalisasi puisi. Ya, awalnya sih cuma iseng saja,” tutur Iqbal saat ditemui heibogor.com, Rabu (21/02/18).

Menurut Iqbal, kecintaan para personel Katapel terhadap karya sastra memacu mereka untuk mengenalkan sastra kepada masyarakat Bogor lewat alunan musik agar puisi dan sajak serasa lebih ringan untuk dipahami.

“Sebenarnya niat kami hanya ingin berkarya saja, dan ingin mengembangkan sastra itu agar lebih dinikmati dan dipahami masyarakat tentunya, dan kami tidak terlalu muluk-muluk untuk terkenal. Yang penting karya kami bisa diterima masyarakat,” tambah Iqbal.

Grup musik Katapel, musisi yang menggabungkan irama musik dan lirik-lirik puisi di setiap bait lagunya.

Band Katapel sudah menjuarai tingkat pertama dalam Nominasi Band Musikalisasi Puisi Terbaik se-Jabodetabek saat mengikuti Festival Musikalisasi Puisi di Bulungan, Jakarta.

Terinspirasi dengan keadaan sosial dan pengalaman pribadi membuat Katapel menciptakan berbagai karya yang mengajak mereka untuk memasuki dapur rekaman. Di antaranya karya yang sudah diterbitkan ialah Pohon, Wehea, Sajak Rajawali, Rahasia, dan Aku Indonesia.

“Album Aku Indonesia menceritakan keadaan yang terjadi di negara kita. Bukan berarti nasionalisme saja, tetapi juga tentang masalah sosial di Indonesia” cetusnya.

Rencananya, sambung Iqbal, Katapel akan meluncurkan album Aku Indonesia di tahun 2018 ini.

Personel Katapel lainnya, Doni menyebutkan, keadaan musik di Bogor sudah tidak seperti dahulu yang sering terselenggaranya festival musik. Doni berharap kepada pemuda Bogor untuk terus semangat berkarya dalam mengembangkan karya seni.

“Saya berharap Pemerintah Daerah juga dapat mewadahi para pemuda Bogor untuk berkarya dalam kesenian musik,” harapnya.

(Eggy Ramadhan : Kontributor)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.