Puluhan Meter Kubik Sampah Dikeruk Petugas DLH

0 478

Heibogor.com – Belum lama dibersihkannya saluran air tepatnya di samping Hotel Amaroossa di Jalan Otto Iskandar Dinata (Otista) kini kembali dipenuhi sampah. Hal ini langsung ditindaklanjuti Plt. Wali Kota Bogor Usmar Hariman dan jajarannya dengan terjun langsung mendatangi lokasi, Senin (19/02/18). 

Didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor Elia Buntang, Camat Bogor Timur Adi Novan, dan Lurah Baranangsiang Suburudin, Usmar memantau langsung proses pengangkatan sampah yang dilakukan oleh puluhan petugas DLH.

Menurut Usmar, sampah ini berasal dari masyarakat dan aktivitas industri yang berada di sekitar saluran air, seperti rumah makan, hotel, dan usaha jasa lainnya. Padahal, petugas kebersihan sudah rutin mengangkat sampah di saluran air tersebut namun tak lama kemudian sampahnya kembali menumpuk dan menghambat jalannya air.

“Terakhir kali dikeruk bulan Desember lalu dan hari ini kembali puluhan petugas mengeruk sampahnya,” ujar Usmar.

Usmar mengatakan, setelah hari ini akan diadakan pembersihan secara rutin dan dipantau lebih intensif.

“Termasuk memantau sistem pembuangan yang ada di sekitar lokasi, seperti rumah makan, KFC, Hotel Amaroossa, dan beberapa rumah makan lainnya yang berada di kawasan Baranangsiang,” jelasnya.

Ia menegaskan, sebenarnya setiap tempat sudah disediakan tempat sampah. Akan tetapi, kurangnya kesadaran masyarakat dan masih banyak yang membuang sampah ke saluran air membuat alirannya tersumbat.

Dia memprediksi sampah yang dikeruk kali ini jumlahnya sekitar 60 meter kubik dan akan diangkut menggunakan sekitar 10 truk sampah. Terkait langkah-langkah untuk menertibkan tentang pembuangan sampah akan dibahas pada rapat briefing staf yang diadakan berkaitan dengan evaluasi hasil identifikasi Adipura tahun 2017. Surat edaran yang telah beredar di masyarakat kurang dijalankan dengan baik.

Usmar menyarankan perlu adanya sanksi untuk pelanggar yang membuang sampah sembarangan, khususnya ke aliran air.

Sumber Rilis Pemkot

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.