May Sumarna, Maestro Musik Sunda Terbaring Lemah Divonis Kanker Paru

0 1.394

Heibogor.com – Maestro musik Sunda, May Sumarna kini terbaring lemah tak berdaya akibat kanker paru-paru yang dideritanya sejak awal Januari 2018 lalu. Mantan personel musik Madesya Grup itu sudah menderita kanker yang terus menggerogoti tubuhnya sejak setahun lalu. 

Saat ditemui belum lama ini, sosok energik itu hanya bisa menatapi pilu saudara, sahabat, dan rekan-rekannya yang datang menjenguk di kediamannya di Perumahan Bukit Asri, Ciomas, Kabupaten Bogor. May yang populer di era tahun 70-an itu hanya bisa menggerakkan kaki dan memberikan isyarat suara.

Pelantun lagu Wahai Kau Burung Dalam Sangkar yang populer di era 70-an ini sudah pernah dibawa ke salah satu rumah sakit yang ada di Bogor, namun ia tak betah hingga meminta untuk dirawat di rumah saja.

“Jadi setiap harinya hanya berbaring di tempat tidurnya dengan botol infus dan perawatan medis yang dikerjakan oleh perawat yang setiap hari datang untuk memeriksa keadaannya,” ujar salah satu sahabatnya, Effendy.

Sang legendaris itu juga hanya bisa berlinang air mata ketika bertemu orang yang melihatnya. Gitar, piano, dan alat musik lainnya hanya bisa dipajang tanpa bisa disentuh olehnya.

Maestro musik Sunda, May Sumarna.

“Padahal, saat saya temui di tahun 2012 silam, beliau masih dalam keadaan sehat dengan badan yang gemuk, masih berbicara, dan berbincang tentang musik dan aktivitas kesehariannya. Sang maestro pun sempat mengisi acara musik keluarga di daerah Perumahan Cipinang Gading, Bogor Selatan,” kenang Effendy.

Menurut Efendy, dalam keadaan sehat beliau masih mengajaknya untuk berbuka puasa bersama sekitar tahun 2015 silam. Kini, kesehatan beliau sudah menurun dan berharap doa dan dukungan kawan-kawan dapat memberikan semangat untuk sang legenda agar bisa melawan penyakit kanker paru-paru yang dideritanya.

“Mohon doanya agar beliau bisa berkumpul bersama keluarganya dalam kondisi yang sehat,” harapnya.

May Sumarna adalah seorang musisi kelahiran Sukabumi, 24 Juli 1944 yang mengawali debutnya bersama Band Madesya Grup pada tahun 1974 dengan lagu Wahai Kau Burung Dalam Sangkar, Kisah Burung Kenari, serta Andaikan Aku Burung yang akrab di telinga masyarakat pada masanya.

 

(Eggy Ramadhan : Kontributor)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.