Dedie Rachim Ikut Salat Gerhana Sambil Silaturahmi Ulama Bogor

0 371

Heibogor.com – Calon Wakil Wali Kota pasangan Petahana di Pilwakot 2018 yang juga mantan Pejabat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Dedie Rachim ikut melaksanakan Salat Gerhana di Masjid Raya Bogor, Rabu (31/01/18) malam.

Dedie menilai, fenomena alam gerhana bulan tersebut sebagai salah satu sarana mengingat manusia atas kebesaran Sang Pencipta. Ia juga mengapresiasi minat masyarakat yang mengisi malam gerhana bulan dengan beribadah secara berjamaah di masjid yang terletak di Jalan Raya Pajajaran, Bogor Timur, Kota Bogor itu.

“Kita hadir di sini untuk bersama-sama memanjatkan syukur kepada Allah SWT. Karenanya kita diminta nabi untuk bertafakur dengan salah satu sunnah yakni Salat Gerhana,” ujar Dedie.

Ia berharap, sebagai manusia dirinya dapat memahami dan mengalami langsung salah satu tanda kuasa Allah SWT yang juga sebagai sarana edukasi sains langka dan menarik.

“Ini peristiwa langka dan terakhir kali terjadi 152 tahun silam,” katanya.

Usai beribadah, Dedie langsung menemui imam dan khotib KH. Mustofa Abdullah Bin Nuh (Kiyai Toto) di dekat mimbar. Ia langsung mencium tangan dan memeluk kyai yang kini menjabat sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bogor.

Kyai Toto bukan merupakan orang asing bagi Dedie, hal tersebut tampak dari kedekatan keduanya. Dedie sekitar 1970-an merupakan santri dari Pondok Pesantren yang kini diketuai oleh Kyai Toto.

Gerhana bulan kemarin malam sendiri, disebut sebagai gerhana bulan biru darah super (super blue blood moon). Fenomena langka setiap 150 tahun itu dimulai pada pukul 17.49 WIB, gerhana sebagian dimulai pukul 19.48 WIB, gerhana total pada pukul 19.51-21.08 WIB, gerhana sebagian berakhir 21.11 WIB, dan seluruh proses gerhana berakhir pada 23.09 WIB.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.