Awasi Pilkada 2018, Kwarcab Pramuka Teken MoU dengan Panwaslu

0 711

Heibogor.com – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Bogor menjadi yang pertama di Jawa Barat yang melakukan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu).

Penandatanganan MoU antara Kwarcab Pramuka Kota Bogor dengan Panwaslu Kota Bogor itu dalam rangka pengawasan partisipatif dalam pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2018 mendatang.

Acara penandatanganan MoU yang berlangsung di Hotel Pangrango 2, Jalan Pajajaran, Bogor Tengah, Kota Bogor, Selasa (21/11/17) itu dilakukan langsung Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bogor Ade Sarip Hidayat dan Ketua Panwaslu Kota Bogor Yustinus.

Usai acara Ade menjelaskan, MoU yang dilakukan antara Pramuka dengan Panwaslu sebenarnya telah terstruktur. Hanya saja secara kebetulan Kota Bogor diberikan kesempatan sebagai Kwarcab Gerakan Pramuka yang pertama melakukannya.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat.

“Mudah-mudahan ini menjadi sebuah rujukan, contoh, bukan sekadar substansi yang dikerjasamakan, tetapi dalam bentuk penyampaian informasi, pelatihan, dan termasuk juga acaranya (Pilkada),” ungkap Ade.

Tetapi, lanjutnya, yang terpenting bagi Pramuka adalah hal tersebut menjadi sebuah pembelajaran. Karena Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bogor mempunyai tugas untuk membimbing dan membina generasi muda melalui kepanduan Pramuka agar memahami dalam bersikap dan berperilaku dengan baik termasuk dalam berbangsa dan bernegara.

“Banyak hal dari poin-poin Dasa Darma Pramuka mulai dari bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sampai poin yang kesepuluh yaitu suci dalam pikiran dan perbuatan. Saya merasa yakin bahwa Pramuka dengan modal itu (Dasa Darma) akan tulus dalam perannya mengawasi kegiatan Pilkada,” paparnya.

(Putri Aysha)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.