Jangan Sikat Gigi Terlalu Keras, Ini Alasannya

0 767

Heibogor.com – Menjaga kesehatan mulut dan gigi adalah hal yang sangat vital. drg. Amiruddin Yahya, MARS dari Rumah Sakit Azra menyarankan untuk tidak menyikat gigi terlalu keras karena bisa merapuhkan lapisan email gigi.

“Jangan menyikat gigi terlalu keras,” katanya saat ditemui heibogor.com, belum lama ini di RS Azra, Jalan Pajajaran No. 219, Bogor Utara, Kota Bogor.

Perapuhan email pada gigi bisa memicu gigi sensitif dan mengganggu kenyamanan pada si penderita gigi sensitif. Dia menyarankan untuk menggosok gigi secara perlahan karena plak-plak pada gigi bersifat lunak sehingga bisa hilang hanya dengan sentuhan lembut.

“Tidak perlu keras-keras menggosoknya,” katanya.

Selain itu, saat menggosok gigi, Amir menyarankan untuk melakukan sedikit gerakan berputar. Hal ini berguna untuk memberikan efek pijatan pada gusi gigi.

“Efek massage ini untuk memperlancar peredaran darah,” katanya.

Selain itu, dia juga mengatakan untuk rutin mengganti sikat gigi yang digunakan. Tidak ada batasan khusus dalam mengganti sikat gigi.

“Kalau bulu sikatnya sudah tidak beraturan sebaiknya diganti sikatnya,” katanya.

Menurutnya, gigi yang lapisan dentinnya terbuka bisa berakibat pada gigi sensitif, yakni sensasi rasa nyeri yang tiba-tiba dan sebentar karena respons yang tidak terkait dengan penyakit gigi lainnya. Lapisan dentin merupakan lapisan di bawah email yang terhubung dengan ruang syaraf gigi.

Di samping itu, kata dia, sebagian orang lebih memilih menyikat gigi setelah makan pagi dengan harapan gigi tetap bersih. Padahal cara tersebut kurang tepat. Terlebih untuk mereka yang memilih buah atau jus untuk sarapan.

Menurut Amir, kandung asamnya dalam buah bisa merusak email gigi jika Anda menggosoknya. Kunci dari nafas yang sehat adalah lidah yang bersih. Untuk itu, jangan lupa menggosok lidah untuk membersihkan bakteri yang bisa membuat napas tak sedap.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.