Kwarcab Pramuka Gandeng KPAID Tingkatkan Pendidikan Lingkungan Hidup

0 598

Heibogor.com – Kawatir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Bogor bekerja sama dengan Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) menggelar workshop “Meningkatkan Kompetensi Pembina Pramuka Dalam Pendidikan Lingkungan Hidup Menuju Ramah Anak.” Kegiatan tersebut dibuka secara resmi Wali Kota Bogor, Bima Arya di Gedung Kesenian Kemuning Gading, Jalan Kapten Muslihat, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Rabu (30/08/17).

Sekretaris Kwarcab Pramuka Kota Bogor M. Nurnawali mengatakan, Pendidikan Lingkungan Hidup sangat aplikatif di sekolah, namun pada kenyataannya tidak diajarkan di sekolah.

“Atas dasar itulah Pramuka menerapkan Pendidikan Lingkungan Hidup,” ujarnya.

Nurnawali mengungkapkan, narasumber dalam kegiatan tersebut berasal dari Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka dan Kwarcab Pramuka Kota Bogor. Adapun materi yang disampaikan Kwarnas ialah tentang bagaimana Pramuka dapat berperan dalam lingkungan hidup, khsusnya di area sekolah. Sedangkan dari Kwarcab Kota Bogor, sambungnya, materi yang disampaikan meliputi peningkatan kompetensi pembina, baik dari kode etik maupun Prinsip-Prinsip Dasar Metodik Pendidikan Kepramukaan (PDMPK).

“Tujuan inti dari kegiatan tersebut untuk menggugah kembali Pembina Pramuka agar mengetahui bagaimana cara mendidik anak-anak di sekolah dan anggota Pramuka untuk lebih perhatian terhadap masalah lingkungan hidup,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris KPAID Kota Bogor, Iyusrian menerangkan, kegiatan tersebut bertujuan agar Pramuka di Kota Bogor menjadi garda terdepan dalam pembinaan karakter untuk menciptakan sekolah ramah anak. Guna mendorong terciptanya suasana di dunia pendidikan, kata dia, KPAID Kota Bogor mendorong sinergitas antar lembaga dalam mengkampanyekan perlindungan anak agar lebih massif.

“Karena dalam suasana saat ini persoalan anak lebih kompleks, terlebih lagi dunia Informasi dan Teknologi (IT) yang saat ini sudah semakin canggih menjadikan kita lupa akan mendampingi anak-anak kita dalam tumbuh kembang, baik secara fisik maupun psikologis. Oleh sebab itu, kita semua berkewajiban untuk merawat dan menjaga pertumbuhan anak-anak kita baik secara fisik, mental, maupun spiritual, sehingga tercipta generasi yang berprestasi, tangguh, dan saleh. Itu harapan kami semua,” pungkasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.