Dishub Optimis Penerapan Parkir Elektronik Mampu Tingkatkan PAD

0 657

Heibogor.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor kini resmi memberlakukan sistem parkir berbasis elektronik yang sudah berlaku sejak Juni 2017.

Kepala Dishub Kabupaten Bogor, Edi Wardhani mengatakan, parkir dengan sistem elektronik tersebut akan diujicoba selama enam bulan ke depan. Dalam hal ini, pihaknya menggandeng pihak ketiga yakni PT. Tiga Sekawan.

“Kita uji dulu selama enam bulan ke depan. Ini dilakukan untuk mencegah parkir liar yang ada di sepanjang Jalan Tegar Beriman. Karena kami belum bisa membeli alat parkir elektronik, sementara menggandeng pihak ketiga dulu,” kata Edi kepada heibogor.com, Kamis (27/07/17).

Ia menerangkan, bahwa sistem dalam parkir menggunakan scanner yang besarnya seperti gadget atau tab yang dalam prosesnya petugas langsung bisa mencetak struk karena telah disediakan printer.

“Alatnya kecil dan itu dipakai para petugas parkir di pinggangnya dan itu langsung beserta printernya,” terangnya.

Kadishub Kabupaten Bogor, Edi Wardhani.

Alasan potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang cukup tinggi dari retribusi parkir pun dilontarkan pria yang akrab disapa Edward tersebut. Akan tetapi, ia tak menjelaskan secara rinci besaran PAD yang bisa dihasilkan.

“Potensinya lumayan untuk tambah PAD, dan Jalan Raya Tegar Beriman yang merupakan kawasan tertib lalu lintas harus dibenahi. Dengan parkir seperti ini adalah salah satu cara pembenahan yang dilakukan,” tukas mantan Kepala Dinas Bina Marga itu.

Menyikapi hal tersebut, Bupati Bogor, Nurhayanti mengatakan, peralihan kawasan tertib lalu lintas merupakan hal yang wajar, karena menurutnya hal itu sangat memungkinkan dengan adanya aturan yang mendukung.

“Ini merupakan langkah uji coba sebelum nanti ke depan menetapkannya, dan untuk pemberlakuan parkir ini ada aturannya. Kita nanti juga akan mengkajinya,” pungkas Nurhayanti.

Berdasarkan pantauan heibogor.com, pemberlakuan area parkir yang dilakukan Pemkab Bogor di Jalan Raya Tegar Beriman terlihat dengan adanya spanduk di beberapa titik lokasi, seperti Cibinong City Mall (CCM) dan Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.