Kampung Warna-Warni Katulampa Jadi Destinasi Baru di Kota Hujan

0 811

Heibogor.com – Mengembangkan potensi di sebuah wilayah, baik itu desa, kampung, atau pun kota merupakan impian bagi masyarakat dalam bersosialisasi. Seperti halnya yang dilakukan masyarakat Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor yang belakangan ini kerap menjadi perhatian publik khususnya bagi Kota Bogor dan bahkan hingga Nusantara pada umumnya.

Masyarakat Kelurahan Katulampa nampaknya berhasil memberikan sentuhan unik serta menarik terhadap kampungnya. Berada di wilayah RT 04/RW 09, masyarakat Katulampa berhasil memberikan daya tarik tersendiri dengan keindahan beragam warna cerah, sehingga kampung yang berlokasi tidak jauh dari Bendungan Katulampa tersebut dijuluki sebagai kampung warna-warni. Hal itu diungkapkan Ketua RT 04, Abas Hasan Basri. Senin (17/07/17).

Ia menuturkan, kampung warna-warni terbentuk sekitar awal bulan Januari 2016 lalu. Sebelumnya, kondisi kampung tersebut kurang enak dipandang lantaran dari segi kebersihan yang kurang diperhatikan. Hal itulah yang membuat kesadaran masyarakat dengan berinisiatif membangun dan mengembangkan potensi yang ada di dalam kampung tersebut.

Pembentukan kampung dengan konsep warna itu pun hanya berbekal dari dana yang dihasilkan secara swadaya oleh masyarakat setempat. Secara bertahap masyarakat memberikan sentuhan warna di setiap bangunan yang ada di kampung tersebut.

“Modal kita hanya kekompakan. Seluruh warga Katulampa terutama RT 04/RW 09 bersama-sama mengumpulkan dana untuk membuat kampung warna-warni ini,” ungkapnya kepada heibogor.com.

Abas menjelaskan, berbagai penghargaan pun berhasil diraih kampung kebanggaan masyarakat Katulampa tersebut, seperti penghargaan dari Pemerintah (Pemkot) Kota Bogor hingga Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

Kampung warna-warni yang berlokasi tidak jauh dari Bendungan Katulampa.

“Iya, kampung ini diikutkan lomba tingkat Jawa Barat dan Alhamdulillah juara satu. Bersyukur karena bisa mendapat penghargaan,” kata dia.

Lebih lanjut Abas menambahkan, tak hanya sekadar keindahan yang berasal dari warna yang disuguhkan di kampungnya, namun juga terdapat area khusus bagi anak-anak untuk bermain.

“Disediakan berbagai macam permaianan tradisional atau permainan nusantara, pojok baca, hingga permainan ‘ngalun’ menggunakan ban di Kali Baru,” terangnya.

Ia berharap, ke depannya kampung warna-warni dapat menjadi salah satu destinasi wisata yang baru di Kota Bogor.

“Sekarang saja banyak warga Bogor yang datang ke sini (kampung warna-warni, red). Harapannya ialah kampung warna-warni dapat menjadi lokasi wisata baru. Banyak yang ke sini, kadang untuk foto-foto atau bermain ngalun,” pungkasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.