Sejuta Manfaat di Balik Manisnya Kurma Ramadhan

0 781

Heibogor.com – Bicara tentang Ramadhan, ada beberapa yang sangat identik dengannya. Salah satunya adalah kurma, manisan dari negeri Jazirah dengan kelezatan yang luar biasa dan rasa manis yang istimewa.

Kurma adalah makanan pelengkap di masa-masa puasa, atau disajikan saat ada handai taulan saling berkunjung saat Idul Fitri tiba.

Ternyata, kurma memiliki manfaat besar bagi tubuh. Tak hanya menghantarkan kelezatan dan rasa manis, tapi juga memiliki berbagai keistimewaan yang dibutuhkan bagi sistem metabolisme.

Melancarkan Pencernaan

Kurma memiliki manfaat untuk mencegah susah buang air besar. Tak perlu menunggu masa puasa. Kalau saat ini Anda sedang sembelit, rendam beberapa kurma di air dan diamkan semalaman. Di pagi hari, minum air tersebut untuk melancarkan pencernaan.

Mencegah Diare

Selain melancarkan pencernaan, kandungan kalium yang dimiliki oleh kurma juga terbukti mampu mencegah diare.

Kaya Zat Besi

Merasa kurang darah? Gampang lemah, letih, dan lesu? Coba konsumsi kurma. Buah manis ini adalah sumber pangan yang kaya akan zat besi, sangat bagus untuk menambah darah serta mencegah anemia.

Sehatkan Arteri, Jauhkan Kolesterol

Biasanya makanan yang manis-manis itu identik dengan kolesterol tinggi. Untuk meminimalisir kolesterol jahat serta menjaga arteri agar tetap sehat, rutinlah mengonsumsi kurma.

Kembalikan Stamina

Kurma juga bisa dicampurkan dengan madu dan susu. Konsumsi ramuan yang menyenangkan tersebut akan mengembalikan dan menambah stamina.

Turunkan Darah Tinggi

Kalau Anda punya bakat darah tinggi, hadapi sejak dini. Makanlah 3-4 kurma setiap hari. Nutrisi yang ada di dalamnya akan membantu menjaga tekanan darah supaya tetap stabil, badan pun terasa lebih sehat.

Baik Untuk Diet

Kurma baik untuk menjadi makanan pendamping saat berupaya menurunkan berat badan. Sudah banyak pakar yang merekomendasikan kurma sebagai menu diet karena memberikan rasa kenyang.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kurma juga bermanfaat untuk kesehatan jantung. Buat yang ingin jantungnya sehat, rendam kurma semalaman hingga pagi, kemudian haluskan. Bubuk kurma tersebut lalu dikonsumsi. Hal ini tak lepas dari kandungan potassium pada kurma yang bermanfaat untuk menurunkan risiko serangan stroke dan mengurangi tingkat kolesterol jahat yang bisa menyebabkan penyakit jantung.

Menyehatkan Tulang

Kurma juga kaya akan mineral yang diperlukan tubuh untuk meningkatkan kesehatan tulang, menjauhkan penyakit osteoporosis. Mineral-mineral tersebut adalah selenium, mangan, tembaga, serta magnesium, yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kekuatan tulang.

Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Kandungan potasium pada kurma bermanfaat untuk menjaga sistem saraf agar tetap sehat, optimal, serta mampu merespon dan meningkatkan kemampuan berpikir dengan baik. Pas banget untuk Sahabat Braito yang ingin mempertajam daya ingat.

Begitu besar manfaat buah kurma bagi kesehatan manusia. Makanya, jangan ragu untuk mencicipi suguhan kurma di hari raya karena bikin badan tambah kuat dan hebat.

Via Braito.co.id

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.