Kades Karehkel Didemo Warga Terkait Kasus Pungli Pemutihan SPPT

0 491

Heibogor.com – Puluhan warga Desa Karehkel, Kecamatan Leuwiliang melakukan aksi demonstrasi di depan gerbang Komplek Perkantoran Pemerintahan Kabupaten Bogor. Senin (08/05/17).

Kedatangan mereka didasari terkait dengan adanya pungutan liar (pungli) kepada warga yang dilakukan oleh Jandi Rain selaku Kepala Desa.

Menurut koordinator aksi Juhri Takur, tindakan pungli yang dilakukan oleh Kades tersebut terkait program SISMIOP (Sistem Informasi Manajemen Objek Pajak) yang diadakan oleh pemerintah.

“Jadi, kami dipungut biaya untuk kepengurusan program tersebut dengan nominal yang bervariasi. Kami warga masyarakat menuntut Kades agar mengembalikan uang yang sudah dipungut oleh aparatur desa, karena kami tahu program pemutihan SPPT itu gratis,” ujarnya kepada heibogor.com.

Dia menambahkan, Kades harus sesegera mungkin mengembalikan semua uang pungli tersebut kepada warga.

“Kalau tidak bisa diselesaikan dengan jalan damai, melalui cara Kades Jandi mengembalikan uang kepada warga, kami akan melanjutkannya ke aparat kepolisian untuk diproses secara hukum,” katanya.

Masih kata Juhri, sebelumnya, ratusan warga Desa Karehkel, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor melakukan aksi demonstrasi di depan kantor Desa Karehkel pada bulan April lalu.

“Dalam mediasi antara warga dengan Kades mengaku siap bertanggung jawab untuk mengembalikan uang sebesar 65% sesuai tuntutan warga. Namun ternyata, hingga kini janjinya tersebut belum terealisasi,” tandasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.