DKC Dituntut Kembalikan Karakter Anak Muda Indonesia yang Hilang

0 404

Heibogor.com – Belasan anggota Dewan Kerja Cabang (DKC) dilantik Kwatir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Bogor di Sekretariat Kwarcab Kota Bogor, Jalan Papandayan, Kota Bogor. Sabtu (25/03/17) kemarin.

Tak hanya mengemban tugas pelantikan, 17 anggota masa bakti 2016-2020 ini bertugas untuk mengembangkan pramuka Penegak dan Pandega. Selain itu, para anggota DKC juga dituntut untuk mengembalikan karakter anak muda Indonesia yang semakin pudar.

dkc-pramuka 2
Belasan anggota DKC dilantik Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bogor di Sekretariat Kwarcab Kota Bogor, Jalan Papandayan, Kota Bogor. Sabtu (25/03/17) kemarin.

Ketua Harian Kwarcab Pramuka Kota Bogor, Maman Suherman mengatakan, program pengembangan penegak serta pandega disesuaikan dengan kondisi saat ini, terutama dalam membangun karakter anak muda.

Menurutnya, karakter anak muda di Indonesia saat ini sedang mengalami krisis karakter khususnya para remaja. Pramuka sebagai sebuah organisasi berlandaskan Undang-Undang harus menjadi garda terdepan membentuk karakter yang baik dan religius.

“Dulu karakter bangsa masih bsgus, anak-anak masih bisa ngaji, sosialisasi dengan teman-teman tapi sekarang waktunya lebih banyak dihabiskan untuk bermain dan hiburan,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua DKC Kota Bogor Yulistiani menjelaskan, pelantikan anggota DKC ini merupakan pengabdian awal sebagai anggota untuk masa bakti 2016-2020.

Ia menuturkan, banyak amanah yang harus dijalankan dengan baik disertai dengan tanggung jawab. Hal tersebut diperlukan agar setiap program kegiatan dilaksanakan dan memberikan manfaat bagi pramuka Kota Bogor dan masyarakat.

Yulistriani mengaku, beragam kegiatan pun sudah direncanakan DKC.

Program yang sudah direncanakan tersebut, kata dia, dimulai dari kegiatan pokok, partisipasi tingkat daerah, dan partisipasi tingkat Nasional.

Sementara itu, kegiatan besar DKC di tahun 2017 ini yakni perkemahan Wirakarya (PW) Cabang yang akan dilaksanakan untuk pertama kali di Kota Bogor dengan terjun langsung ke masyarakat dan bersama masyarakat.

Kemudian, sambungnya, Raimuna Daerah dan Raimuna Nasional yang merupakan kegiatan istimewa bagi Penegak Pandega karena dilaksanakan 5 tahun sekali.

Terkait pembangunan, Yulistia menambahkan, pramuka memiliki peranan yang penting. Jika secara benar pramuka memenuhi syarat kecakapannya, sudah pasti karakternya akan terbentuk. Seperti misalnya memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab terhadap dirinya sudah pasti akan terlihat dan tidak ada anak pramuka yang ikut terlibat tawuran.

“Maka dari itu kami DKC ingin kembali menegakkan minat penegak pandega Kota Bogor untuk berperan secara aktif dan memenuhi syarat serta kecakapan,” tandasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.