Usmar Ajak Semua Elemen Masyarakat Perangi Tuberkulosis

0 515

Heibogor.com – Gerakan Ketuk Pintu se-Kota Bogor mendeklarasikan Hari Tuberkulosis Sedunia 2017 di Plaza Balaikota, Jalan Ir. H. Juanda, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Jumat (24/03/17).

Rangkaian kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor Rubaeah, Pelindung Gerakan Tuberkulosis Ibu Yane, Kepala Camat, Kepala Lurah, hingga dokter puskesmas se-Kota Bogor.

tuberkolosis6
Hari Tuberkulosis Sedunia 2017 di Plaza Balaikota, Jalan Ir. H. Juanda, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor Jumat, (24/03/17).

Pendeklarasian dibacakan langsung oleh Wakil Wali Kota Bogor, Usmar Hariman yang berisi tekad untuk mengobati pengidap Tuberkulosis hingga dinyatakan sembuh dan menghilangkan stigma pengidap penyakit Tuberkulosis.

Tujuan terselenggaranya kegiatan ini ialah untuk menunjukkan keseriusan dalam memutus rantai atau memberikan terapi yang lebih extra kepada penderita guna meminimalisir jumlah penderita penyakit TBC.

“Kondisi kita sekarang saat ini sangat menyedihkan, saya diberi tahu Ibu Kadis, Tuberkulosis sudah menyebar di seluruh Kelurahan se-Kota Bogor. Maka dari itu, yang belum melapor dan sudah melapor kita selamatkan serta kita lindungi pengidap Tuberkulosis dari tekanan kultural agar mereka tidak malu untuk segera berobat,” ujar Usmar.

Tak hanya itu, dalam rangkaian pendeklarasian pun sekaligus melantik Ketua PPTI Kecamatan Bogor Barat. Sebab, menurut hasil survei, penyakit TBC dengan peringkat tertinggi berada di Kecamatan Bogor Barat.

Usmat berharap, dengan dilantiknya ketua PPTI yang baru dapat meminimalisir angka penderita TBC. Menurutnya, kolaborasi seluruh aparatur mulai dari RT hingga Dinas Kesehatan sangat dibutuhkan untuk percepatan pendataan dan penanganan penderita Tuberkulosis.

Masih kata Usmar, pengobatan Tuberkulosis tidak bisa dilakukan hanya dalam 1 kali, namun harus secara rutin minimal selama 6 bulan.

“Momentum saat ini menggalakkan gerakan ketuk pintu ke seluruh organisasi yang di bawahi oleh camat dan lurah. Mari kita sama-sama memberantas penyakit Tuberkulosis,” tutup Usmar.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.