Ade : Gerakan Pramuka Mampu Jauhi Narkoba

0 391

Heibogor.com – Maraknya permasalahan narkoba di kalangan remaja khususnya pelajar membuat Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Bogor memberikan perhatian khusus kepada fenomena tersebut. Sebab, banyak faktor penyebab yang menjadi pemicu para pelajar untuk menggunakan narkoba. Tak hanya pergaulan yang salah, melainkan juga kurangnya aktivitas positif dalam kehidupan para pelajar.

Ketua Kwarcab Pramuka Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat menuturkan, salah satu aktivitas positif yang perlu diikuti remaja ialah Pramuka.

Ade menjelaskan, Pramuka sebagai organisasi ruang lingkup pendidikan yang telah banyak melakukan kegiatan berupa bakti masyarakat dan pembangunan masyarakat. Seluruh kegiatan pramuka yang dilaksanakan pun dikemas dengan menarik, murah, serta mendidik.

“Dengan mengikuti kegiatan yang positif, anak-anak remaja khususnya pelajar dapat terhindar dari narkoba, tawuran, dan kegiatan lainnya yang bersifat negatif, serta tidak bermanfaat untuk dirinya,” ujar Ade usai melakukan siaran langsung di salah satu stasiun radio di Kota Bogor. Kamis (16/03/17).

Ade Sarip Hidayat saat melakukan siaran langsung di salah satu stasiun radio di Kota Bogor. Kamis (16/03/17).

Pria yang menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor ini juga meyakini bahwa setiap remaja yang turut aktif dalam kegiatan Pramuka dapat mencegah hal-hal yang tidak baik untuk dirinya. Karena, di dalam pramuka terdapat sumpah janji “Dasa Dharma Pramuka”, yang salah satu isinya ialah suci pikiran, perkataan, dan perbuatan.

“Suci mengartikan melakukan atau bertindak yang benar, baik serta bermanfaat. Selama ini, tidak ada anggota pramuka aktif yang terjerat dalam narkoba,” jelasnya.

Diketahui, program pengabdian Kwarcab Pramuka Kota Bogor yang terarah dan mendukung program-program Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, yakni :

1. Mewujudkan Kota Bogor yang bersih dengan program aksi pungut sampah di setiap event Kota Bogor (CFD)
2. Pemeliharaan taman kota
3. Penghijauan
4. Pembentukan kelompok scout bike sebagai sarana transportasi hijau
5. Aksi donor darah
6. Bumbung peduli
7. Pelatihan siaga bencana
8. Aksi berantas vandalisme
9. Bazar amal ramadhan
10. Membantu aparat keamanan dalam menjaga keamanan serta ketertiban saat event besar di Kota Bogor seperti hari raya keagamaan, maupun kegiatan lainnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.