Jadi Juri WMM, Bima Siapkan Generasi Ketiga

0 282

Heibogor.com – Sedikitnya 88 peserta Wirausaha Muda Mandiri (WMM) menujukkan kebolehannya dalam mempresentasikan produk andalan mereka kepada para dewan juri yang dalam babak final ini melibatkan berbagai kalangan, mulai dari burokrasi, akademis, perbankan, dan beberapa perwakilan media. Salah satunya yakni Wali Kota Bogor, Bima Arya yang menguji kategori Wirausaha Kreatif – Alumni dan Pasca Sarjana.

Senior Vice President Bank Mandiri, Rohan Hafas mengatakan, WMM ini merupakan kali kesepuluh yang terselenggara di setiap tahunnya. Peserta pun mencapai 5.000 hingga 8.000 orang. Namun, untuk tahun ini jumlahnya menjadi 5.000 peserta dari 12 regional seluruh Indonesia. Hal ini dilakukan karena pihak Bank Mandiri ingin mencari kandidat yang memiliki kualitas.

“Seleksi dari ribuan peserta sudah dilakukan sejak tiga bulan lalu, hasilnya hanya terpilih 88 peserta dan berhasil lolos di tahap final penjurian ini,” ujarnya.

Rohas menambahkan, puluhan peserta tersebut nantinya akan dipilih hanya satu untuk menjadi juara di setiap kategorinya. Hadiah awal yang akan diberikan kepada para pemenang masing-masing sebesar Rp 500 juta.

Tak hanya itu, lanjutnya, para pemenang juga nantinya akan menjalani program pelatihan selama enam bulan dan disesuaikan dengan kebutuhan usahanya seperti marketing, finance, akunting, dan packging yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan daya jual produknya.

Layaknya bank mengajukan kredit, kata dia, usai pelatihan yang diberikan nanti, akan ada proses screening untuk mendapatkan kelayakan pemberian modal.

“Kami berharap WMM ini dapat menciptakan pengusaha muda baru dan sukses serta mampu membuka lapangan pekerjaan sekaligus dapat membantu pengusaha muda lainnya,” jelasnya

Sementara itu, Wali Kota Bogor, Bima Arya menuturkan, generasi muda yang ada di setiap kota berada di angka 40 persen yang terbagi ke dalam tiga kategori, yakni anak muda galau dengan dirinya sendiri, anak muda yang asik dengan dirinya sendiri, dan anak muda yang sudah selesai dengan dirinya sendiri. Namun, tambah Bima, kategori generasi yang ketiga memiliki jumlah yang sedikit dibandingkan dengan dua kategori sebelumnya. Sehingga, hal tersebut menjadi pekerjaan rumah (PR) pemerintah beserta stakeholder untuk menyiapkan generasi ketiga dengan memberikan inspirasi.

Wali Kota Bogor, Bima Arya menguji kategori Wirausaha Kreatif – Alumni dan Pasca Sarjana.

“Tahun lalu pemenang berasal dari anak muda Kota Bogor. Semoga dari program ini bisa memunculkan anak muda yang berpikir kreatif dan inovatif untuk kota dan bangsanya,” pungkasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.