Rawan Bencana, BPBD Paparkan 3 Tindakan Hadapi Situasi Darurat

0 325

Heibogor.com – Hujan lebat menyebabkan sejumlah bencana alam terjadi di beberapa titik di Kota Bogor. Tercatat, sebanyak 16 kejadian yang masuk dari hasil pendataan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor dalam satu hari ke belakang. Belasan bencana tersebut di antaranya ialah pohon tumbang, jembatan ambruk, banjir, longsor, dan lain sebagainya.

“Data tersebut merupakan data yang berhasil dihimpun BPBD Kota Bogor hingga hari ini. Data tersebut mencakup kejadian mulai dari pohon tumbang, longsor kecil-kecilan, hingga banjir atau genangan air yang waktunya tidak terlalu lama alias surut,” ujar Ganjar Gunawan, Kepala Satuan Pelaksana BPBD Kota Bogor. Rabu (22/02/17).

Berdasarkan hasil laporan bencana yang masuk di BPBD Kota Bogor, nantinya sesegera mungkin akan dianalisis kembali.

“Tidak semuanya dapat dikategorikan sebagai darurat bencana. Terkait tindak lanjut, itu tergantung dari situasinya,” jelasnya.

Perihal bencana alam, kata dia, itu merupakan tanggung jawab bersama. Peran serta masyarakat juga penting. Sehingga, penanggulangan tidak hanya dilakukan oleh BPBD dan pemerintah saja.

Ganjar menuturkan, sedikitnya ada tiga macam tindakan dalam menghadapi situasi bencana yang dilakukan BPBD Kota Bogor.

“Tiga tindakan tersebut ialah selamatkan jiwa, selamatkan aset, dan stabilkan situasi. BPBD berfungsi sebagai koordinator penanggulangan bencana dalam kondisi bencana yang sebenarnya,” terangnya.

Ditemui terpisah, hujan yang menguyur wilayah Kota Bogor diprediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bogor sudah akan terjadi di awal bulan Maret 2017. BMKG Bogor juga memastikan di setiap harinya, baik pagi, siang, dan malam Bogor akan diguyur hujan.

“Bagi masyarakat untuk tetap waspada, karena hujan yang turun tidak mengenal waktu. Curah hujan terprediksi awal Maret, tapi tetap waspada saat periode April hingga Mei 2017,” pungkas Dedy Sucahyono, Kepala BMKG Bogor.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.