Umat Tionghoa Lakukan Ritual Tangsin untuk Minta Keselamatan

0 558

Heibogor.com – Sejumlah umat Tionghoa menghadiri kegiatan ritual Tangsin yakni ritual potong lidah. Ritual Tangsin merupakan kegiatan yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya. Kegiatan tersebut dikenal sebagai malam 14 hari dengan tujuan meminta keberkahan agar selamat dan tidak tertimpa musibah. Kegiatan dilaksanakan di Vihara Dhanagun, Jalan Suryakencana, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Jumat (10/02/17)

Maksud dari meminta keselamatan dapat dilihat dari orang-orang yang dianggap secara hitungan Shio atau berdasarkan hitungan simbol-simbol di tahun Imlek ada yang tidak cocok, maka orang tersebut akan dilakukan secara Kias agar ke depannya tidak mengalami masalah. Hal tersebut diungkapkan Arifin Himawan, ketua uimum pelaksana Cap Go Meh (CGM) 2017.

“Untuk menjadi Tangsin ada syarat-syarat tertentu. Tidak semua orang bisa menjadi Tangsin, atau orang yang badannya dipinjam untuk melaksanakan ritual Tangsin, “ujar Arifin.

Terpantau heibogor.com, dalam pelaksanaan ritual, ratusan masyarakat yang ikut menonton jalannya acara memenuhi Vihara Dhanagun. Terlihat pula antusiasme warga yang memenuhi vihara untuk menyaksikan ritual tersebut.

Berbagai lapisan masyarakat terlihat menikmati ritual yang dilakukan pada malam ini, baik dari masyarakat Tionghoa maupun umat yang beragama lain pun ikut memadati vihara yang terletak di samping Plaza Bogor Raya ini.

Adapun rangkaian kegiatan berupa pagelaran wayang golek di depan vihara, yang merupakan salah satu persiapan menyambut kegiatan pesta rakyat, Bogor Street Fetival CGM 2017 esok.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.