Delapan Kota dan Kabupaten DPMPTSP Pelajari Sistem Perizinan di Kota Bogor

0 659

Heibogor.com – Sebanyak 8 Kota dan Kabupaten Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) berkunjung ke Kota Bogor. Tujuannya adalah untuk mempelajari sistem perizinan yang diterapkan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bogor.

Ke 8 DPMPTSP itu berada dibawah Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Barat II yang diterima langsung Wali Kota Bogor, Bima Arya di ruangan Paseban Punta Balaikota Bogor, Kamis (02/01)2/17).

”Salah satu yang ingin kami pelajari adalah tentang Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP) yang sudah Host to Host atau istilahnya web service,” kata Kepala Bidang PMP Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Barat II, Handayani.

Handayani menerangkan, proses perizinan dan KSWP yang dijalankan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor sudah berjalan berbasis online dan sesuai dengan Inpres No.7 Tahun 2015 dengan perubahan Inpres No. 10 Tahun 2016 tentang aksi pencegahan korupsi.

Wali Kota Bogor, Bima Arya didampingi Kepala DPMPTSP Kota Bogor, Denny Mulyadi menerangkan, tentang dua hal yang diminta pemohon perizinan. Masing-masing  kejelasan biaya dan kepastian waktu. Kejelasan itu bisa dijamin dengan memanfaatkan teknologi informasi. Pemanfaatan teknologi informasi bisa membuat proses perizinan menjadi lebih transparan, efisien, dan efektif.

“Juga dapat membangun kultur yang mempersempit ruang bagi calo perizinan dan pungutan liar sehingga tindakan korupsi dapat dicegah,” tegas Bima.

Bima menambahkan, selama ini para pemohon perizinan di DPMPTSP Kota Bogor dapat memperoleh informasi terkait kepastian waktu dan proses perizinan melalui SMS Gateway.  Dengan begitu, pemohon dapat mengetahui sejauh mana proses perizinan yang mereka ajukan.

“Selain fokus pada substansi dan system, juga perlu dibangun kultur dan kedekatan dengan para pegawai untuk meningkatkan motivasi melalui berbagai kegiatan ringan seperti jogging bersama sebulan sekali,” ungkapnya.

Di akhir kunjungan, rombongan yang berasal dari Cirebon, Karawang, Indramayu, Majalengka, Subang, Kuningan, dan Bekasi itu mengunjungi dan memantau pelayanan di Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bogor.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.