Dua Belas WNA Pekerja Tambang Asal Tiongkok Dipulangkan Hari Ini

0 534

Heibogor.com – Sedikitinya 12 pekerja tambang Warga Negara Asing (WNA) asal Tiongkok yang ditangkap petugas Imigrasi Kelas I Bogor karena tidak dapat menunjukan dokumen berupa Paspor dan Kartu Identitas (Kitas) di perusahaan tambang milik PT. BCMG, Desa Cintamanik, Kampung Cihideung, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor Selasa (10/01/17) lalu akan dipulangkan ke negara asalnya hari ini. Rabu (18/01/17).

Dari ke 12 WNA yang dipulangkan, 1 orang WNA sudah dipulangkan terlebih dulu pada hari Selasa (17/01/17) kemarin. Sedangkan, 11 WNA lainnya akan dipulangkan dengan pesawat Garuda pukul 11.45, dan 00.20 waktu China Southen dengan tujuan negara China.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Bogor, Herman Lukman menjelaskan, dokumen berupa Paspor dan Kitas sudah dilengkapi 12 WNA tersebut. Namun, tindakan keimigrasian harus tetap dilakukan karena sebelumnya mereka tidak dapat menunjukan dokumen tersebut pada saat petugas memintanya.

“Jelas itu melanggar Pasal 116 Juncto 71. Jadi, kita kenakan Pasal 75 pendeportasian tindakan keimigrasian,” ungkapnya.

Penindakan pemeriksaan petugas Imigrasi, tambah Herman, petugas hanya terfokus pada dokumen saja. Penyidikan hanya dilakukan pada kelengkapan yang dimiliki WNA.

WNA yang ingin melaksanakan pekerjaan, lanjutnya, harus memiliki izin yang lengkap. Tindakan keimigrasian yang dikenakan yakni Pasal 116 tentang orang asing yang tidak dapat menunjukan dokumen.

“Total keseluruhan WNA yang dideportasi tahun 2016 yakni 69 WNA dan di awal tahun ini, kita sudah memulangkan 12 WNA,” pungkas Herman.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.