Tertipu, Puluhan Calon Jamaah Umrah Gagal ke Tanah Suci

0 319

Heibogor.com – Puluhan calon jamaah umrah geram karena terancam gagal berangkat ke Tanah Suci karena tak kunjung adanya kepastian dari Zamzam Andani, pemilik Travel Umrah PT Ishof Albarjaya. Sebanyak 64 calon jamaah haji mendatangi rumah orang tuanya, di Kampung Kedung Badak RT 06/01 Nomor 35, Kelurahan Kedung Badak, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Minggu (27/11/16).

Salah satu perwakilan jamaah kelompok pemberangkatan pada bulan Mei 2014 Asep Khoerudin menjelaskan, para calon jamaah umrah seharusnya sudah berangkat ke tanah suci pada tahun 2014, hingga kini para calon jamaah haji belum juga diberangkatkan. Dana dengan nominal yang sudah disetorkan yakni Rp. 16 juta, Rp. 20 juta,  Rp. 21 juta, dan Rp. 23 juta, pendanaan tersebut disetorkan berbeda-beda oleh calon jamaah umrah.

“Sebesar Rp. 1,2 miliar jika ditotalkan dari jumlah keseluruhan uang yang disetorkan. Mohon diberangkatkan untuk calon jamaah umrah juga sudah melunasi pembayaran,” ujarnya.

Asep menambahkan, hal ini sudah menjadi kasus semenjak tahun 2014 tapi tidak ada perhatian khusus dari pihak kepolisian. Hingga saat ini kasus ini masih terus dalam penyidikan.

“Minggu 20 November lalu Zamzan menghubungi saya untuk bertanggung jawah perihal keberangkatan umrah, namun ketika di konfirmasi ulang untuk menindak lanjuti, nomor pihak terkait tidak pernah aktif kembali,” jelasnya.

Pihaknya menuntut para calon jamaah umrah diberangkatkan pada bulan Januari 2017 mendatang.

“Jika Zamzam berani, hubungi satu persatu calon jamaah umrah yang telah dirugikan,” ungkapnya.

Pengacara calon Jamaah Umrah R. E Amini Permanasari menjelaskan, beberapa calon jamaah yang tertipu telah tutup usia dikarenakan faktor psikologis.

“Kami tunggu itikad baik Zamzam untuk berdamai melihat dirinya menghubungi kami pada 20 November kemarin, Namun jika dirinya terbukti melakukan wanprestasi maka dirina akan diajukan ke pengadilan,” ungkapnya kepada heibogor.com.

R. E Amini menambahkan, menurut informasi Kementrian Agama, PT Ishof Albarjaya tidak terdaftar atau tidak memiliki izin. Banyak korban yang tertipu dikarenakan harga yang ditawarkan oleh Zamzam tergolong miring.

“Walaupun kasus ini masih didalam tahap penyidikan, kami akan mendorong kepolisian untuk segera menuntaskan kasus ini,” pungkasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.