Hindari Tancap Gas Ketika Mobil Lewati Banjir

0 769

Heibogor.com – Musim hujan sudah memasuki sebagian besar wilayah di Indonesia, terutama di Bogor yang memang intensitas hujannya cenderung sering. Karena hal tersebut, menjadikan para pengendara mobil khawatir karena mesin bisa mati saat kemasukan air.

Dilansir dari detik.com, Technical Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor, Anjar Rosjadi menyarankan, saat melewati jalanan banjir sebaiknya mobil dijalankan dengan gigi rendah.

“Kalau sudah di jalan banjir usahakan mainnya direm rendah tapi konstan di gigi juga rendah, gigi 1 aja karena ketika kita ngelawan air, berat nih butuh torsi, toh kita nggak buru-buru takut bahaya ada lubang di depan kita enggak tahu,” jelasnya.

Anjar menyebut, bahwa perilaku pengemudi yang langsung ngegas mobil ketika sudah melewati banjir sebaiknya tak dilakukan.

“Biasanya kan langsung kabur, nah itu sebaiknya sebentar remnya diinjak-injak itu kan basah tuh paling nggak dia bersihin dulu,” ungkapnya

“Jadi rem pelan-pelan sampai kira-kira udah oke baru jalan normal, jangan langsung kabur, entar tiba-tiba remnya nggak kencang,” lanjut Anjar.

Ia menambahkan, setiap dimusim hujan seperti ini sebaiknya memastikan wiper bisa berfungsi dengan baik agar tidak mengganggu penglihatan si pengendara.

“Kalau sebelum musim hujan itu yang paling utama wiper pastiin lah, wiper-nya bagus nggak, jangan sampai hujan wipernya nggak fungsi kan jadi nggak kelihatan jalanan. Kalau masalah kebocoran segalanya itu normal lah dicek,” pungkasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.