Konselor HIV AIDS Dibekali Ilmu Ketahanan Keluarga

0 252

Heibogor.com – Puluhan pemuda, kader kelurahan dan petugas lapangan mengikuti pelatihan Konselor HIV AIDS yang diselenggarakan Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kota Bogor di Gedung Balai Diklat BKKBN Dinas Kesehatan (Dinkes) Jalan Kesehatan Bogor, Kota Bogor, Senin (25/07/16) kemarin.

Kegiatan ini diadakan selama empat hari yang dihadiri Ketua Pelaksana Harian
KPA Kota Bogor Iwan Suryawan yang dibuka secara resmi oleh dr. Eddy Dharma mewakili kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor Rubaeah.

Dr. Eddy Dharma yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Penyehatan (P3L) Lingkungan Dinkes Kota Bogor mengatakan, para peserta yang mengikuti pelatihan konselor HIV AIDS ini adalah mereka yang nantinya akan diterjunkan ke masyarakat dalam program ketahanan keluarga.

“Saat ini jumlahnya ada 26 orang dan secara bertahap kami memberikan pelatihan kepada perwakilan dari 68 kelurahan,” katanya kepada heibogor.com di lokasi. Dikatakan dia, tercatat di Kota Bogor sudah memiliki tenaga konselor lebih dari 100 orang yang tersebar di seluruh Puskesmas, Rumah Sakit, Komunitas, PKK, Karang Taruna dan organisasi masyarakat.

Ia menjelaskan, upaya penanganan HIV AIDS sistemnya memang sudah terbentuk, termasuk sarana kesehatan dan tenaganya. “Sekarang yang perlu dilakukan program pencegahan agar jangan sampai terjadi penularan HIV di masyarakat,” tuturnya.

Dikatakannya, melalui konselor yang sudah terlatih inilah masyarakat bisa berkonsultasi atau berbagi terkait dengan HIV AIDS. “Konselor inilah yang akan mengembalikan mereka yang keluar jalur, seperti PSK tidak lagi menjadi PSK, homoseksual kembali menjadi laki-laki sejati dan lesbian kembali menjadi wanita benar,” ucap dia.

Ia berharap, agar para konselor tersebut bisa melakukan hal-hal seperti yang diharapkan maka mereka harus dibekali ilmu. “Melalui pelatihan ini kami berikan ilmu tersebut sehingga pada saat diterjunkan ke lapangan, mereka bisa melaksanakan tugasnya dengan baik,” ungkapnya.


Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.