Nurhayanti: Surat Rekomendasi Alih Fungsi Lahan Diproses Tahun Lalu

0 465

Heibogor.com – Terkait kasus korupsi Bupati Bogor Rachmat Yasin (RY) mengenai suap rekomendasi tukar-menukar kawasan hutan di Kabupaten Bogor, Jumat (16/05/14) Nurhayanti, Wakil Bupati Bogor menyatakan bahwa surat tersebut sudah lama dikeluarkan oleh Pemkab Bogor 2013 lalu.

”Proses pembuatan surat rekomendasi untuk alih fungsi kawasan hutan itu sudah sejak tahun 2013, kami kerjakan,” tutur Nurhayanti, saat konferensi pers di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Pemkab Bogor, Kabupaten Bogor, Jumat (16/05/14).

“Pemkab Bogor juga mengeluarkan surat itu juga, sesuai dengan yang diinstruksikan oleh Perhutani selaku pemilik kewenangan,” tambahnya.

Nurhayanti mengatakan bahwa pada 29 April 2014, surat rekomendasi itu sudah dikeluarkan dan langsung diberikan kepada pihak Perhutani.

”Sudah kami keluarkan pada akhir April lalu kepada pihak Perhutani. Karena merekalah yang mempunyai wewenang untuk tukar-menukar adalah menteri kehutanan,” katanya.

Lebih lanjut, mantan Sekda Kabupaten Bogor itu menjelaskan bahwa pihaknya sudah menjadwalkan untuk bertemu dengan RY di Rutan KPK. Ia telah melayangkan surat permohonan izin kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 12 Mei untuk bisa bertemu dengan RY.

”Saya sudah mengajukan (izin), tapi belum keluar izinnya dari KPK. Nanti kalau sudah ada saya akan diberi tahu,” lanjutnya.

Dia kembali menambahkan, ada beberapa kebijakan yang memang memerlukan tanda tangan RY yang saat ini belum ditandatangani. Ia ingin memastikan bagaimana kondisi RY saat ini selain untuk bersilaturahmi.

”Saya dengan rekan-rekan Pemkab Bogor menjunjung tinggi asas praduga tak bersalah dan kami serahkan proses hukum ini ke KPK,” tambahnya.

Nurhayanti sendiri, untuk sementara akan memimpin roda pemerintahan di Kabupaten Bogor sejak RY ditetapkan sebagai tersangka. ”Saya pastikan roda pemerintahan dan juga pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Bogor, akan tetap berjalan sebagaimana mestinya,” tutupnya. (Irvan/AS)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.