Operasi KMTDU Sasar Kendaraan Belum Bayar Pajak

0 236

Heibogor.com – Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Jawa Barat Wilayah Kota Bogor dan Petugas Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) menggelar operasi
Kendaraan Tidak Melakukan Daftar Ulang (KMTDU). Hal ini dilakukan guna memberikan penyadaran masyarakat agar membayar pajak kendaraan.

Operasi KTMDU ini melibatkan Satlantas Polres Bogor Kota, Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ) Kota Bogor, Detasemen Polisi Militer (Denpom).

Kepala Bagian Operasi (KBO) Satlantas Polres Bogor Kota, IPDA Budi Suratman menuturkan, bahwa operasi KMTDU ini akan dilaksanakan 3 kali selama 2 minggu.

“Operasi KMTDU ini dilakukan secara gabungan, kami melakukan pemeriksaan bagi kelengkapan surat-surat dan pajak kendaraannya, sementara DLLAJ memeriksa masa berlakunya izin trayek pengujian kendaraan dan pajak kendaraannya,” katanya kepada Heibogor.com di jalan raya Tajur, Sukasari, Kota Bogor, Senin (08/08/16).

Dijelaskan dia, jika ada pelanggaran pihaknya akan tetap memberlakukan sanksi tilang bagi kendaraan yang melanggar lalu lintas.

“Kalau memang pengemudi melanggar, tidak memiliki SIM, tidak pakai helm atau tidak bawa sura-surat lainnya, kami tetap tilang karena itu kewajiban yang harus dipatuhi untuk  ketertiban lalu lintas,” Ungkapnya.

Ia mengaku, saat ini belum diketahui jumlah pelanggar yang terjaring dalam operasi KMTDU ini.

“Saat ini kita belum dapatkan rekapnya karena akan terus berjalan hingga 2 minggu kedepan,” Ungkapnya.

Sementara itu, bagian Tata Usaha (TU) Dispenda Jawa Barat, Wilayah Kota Bogor Angga Parthagama menekankan, bagi kendaraan yang terjaring dan belum melakukan pembayaran pajak dapat dilakukan di tempat dengan sistem online.

“Hanya cukup memperlihatkan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan KTP asli, maka penbayaran pajak bisa dilakukan ditempat,” Akunya.

Jika bagi pengendara yang terjaring  operasi dan pajak kendaraannya belum dibayarkan tetapi tidak membawa uang, maka akan dibuatkaan surat perjanjian untuk melakukan pembayaran pajak dengan catatan STNK ditahan.

“Bisa dibayarkan ke kantor Dispenda dengan memperlihatkan surat perjanjianya,” Paparnya.


Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.