Usmar Beri Tujuh Catatan Penting kepada PDAM Tirta Pakuan

0 363

Heibogor.com – Pelayanan PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor disoroti berbagai pihak, salah satunya Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman. Usmar berikan tujuh catatan untuk salah satu perusahaan plat merah tersebut.

Hal ini dipaparkan Usmar saat mengikuti Dialog RRI Bogor mengenai pelayanan PDAM Tirta Pakuan Bogor, Rabu (26/10/16).

Usmar menyebut, catatan perbaikan diantaranya adalah melakukan evaluasi sumber air baku, pemetaan kapasitas reservoar, dan pemeliharaan sumber mata air.

Catatan pertama yaitu agar dilakukannya evaluasi menyeluruh terkait dengan sumber-sumber air baku milik PDAM berikut faktor-faktor risikonya. Yang kedua adalah agar dipetakannya juga seluruh kapasitas terpasang masing-masing reservoar untuk mendukung kebutuhan pelanggan dengan prediksi pertambahan pelanggan. Catatan yang ketiga adalah memetakan dan pelihara sumber mata air yang ada dengan melakukan berbagai upaya seperti reboisasi dan bentuk lainnya.

“Catatan yang keempat, manfaatkan danau-danau yang ada yang dimiliki Kota Bogor sebagai sumber air baku pada titik-titik sekitar danau, atau membuat danau-danau baru bermata air baku. Kemudian berikutnya agar dilakukannya langkah-langkah cepat antisipasi kebocoran, penggantian pipa-pipa induk dan jaringan lainnya,” ungkapnya.

Tak hanya itu, catatan berikutnya yang diberikan Usmar untuk menjadi bahan evaluasi dan perhatian PDAM yaitu agar merekomendasikan pada titik-titik tertentu untuk dibuatkan Deep Well. Yaitu sumur bor yang mengambil sumber air melalui pelacakan jalur aliran sumber (sungai) bawah tanah dengan menggunakan alat geoelectromagnetic scan.

Untuk itu, pada saat pengeboran air yang dihasilkan adalah air artetis (bukan sekedar air resapan). Sehingga pada saat musim kemarau tetap bisa dipergunakan, karena jalur sumber air tidak akan pernah kehabisan air. Sebab kedalaman pengeboran umumnya berkisar antara 60 – 300 meter atau tergantung dari kondisi hidrogeologi dan izin yang diberikan oleh Pemerintah Kota Bogor melalui dinas terkait.

“Untuk catatan yang terakhir, agar dibuatkannya call center yang betul-betul canggih dan quick response,” pungkasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.